Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Tips Agar Anak Terhindar Bahaya Polusi Udara

Kamis 17 Oct 2019 00:41 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Siswa India menggunakan sapu tangan sebagai masker untuk melindungi diri dari polusi udara mematikan di New Delhi, India.

Siswa India menggunakan sapu tangan sebagai masker untuk melindungi diri dari polusi udara mematikan di New Delhi, India.

Foto: AP Photo/R S Iyer
Menjaga agar si kecil tetap banyak minum air putih sangat baik bagi tubuh.

Ceknricek.com -- Memperhatikan buah hati dalam menjalankan hidup sehat perlu aksi yang nyata. Apalagi akhir-akhir ini polusi -udara">polusi udara jadi 'biang kerok' permasalahan kesehatan , mulai dari kualitas udara hingga asap kebakaran.

Berikut tips yang disarankan untuk mengurangi dampak tidak baik polusi bagi kesehatan anak .

Minum banyak air putih
Menjaga agar si kecil tetap banyak minum air putih sangat baik bagi tubuh di tengah kondisi udara yang kurang baik saat ini. Banyaknya air yang masuk ke dalam tubuh, dipercaya dapat menetralisir dan mengusir racun di dalam tubuh.

Apalagi di tengah musim kemarau dan kondisi udara yang tidak bagus, memastikan tubuh tetap terhidrasi tentulah penting. Penelitian dari University of Missouri-Columbia juga menyebut rutin minum air putih dapat merangsang regenerasi kulit yang rusak akibat paparan polusi udara.

Mengonsumsi air putih juga bisa menjaga kualitas kinerja berbagai organ tubuh. Jadi, kamu bisa selalu bawakan si kecil botol minum saat sekolah dan bepergian ke luar rumah.

Konsumsi makanan yang bersih dan sehat
Makanan yang sehat juga bisa menjadi salah satu cara untuk menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh anak melalui polusi udara. Untuk itu sangat disarankan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti  sayuran dan buah yang kaya akan antioksidan.

Untuk sayur bisa dipilih yang berwarna hijau seperti brokoli. Sedangkan untuk buah, buah naga dan kiwi sangat dianjurkan. Buah-buahan ini diyakini membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat melawan racun dan menjaga kesehatan paru-paru.

Gunakan masker
Penggunaan masker sebagai alat untuk menyaring udara juga bisa dipakaikan pada si kecil. Apalagi mereka sudah sekolah.

Ada banyak pilihan masker untuk anak. Ada yang sekali pakai, ada juga yang bisa berkali-kali pakai. Saat ini juga model masker banyak yang lucu dan pasti disukai anak-anak. Jadi, jangan lupa siap sedia masker demi kesehatan buah hati.

Baca Juga: 4 Karakter Yang Harus Dimiliki Anak Generasi Alpha

Langsung mandi setelah melakukan aktivitas harian
Mandi merupakan kegiatan harian yang wajib dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa. Namun, kebiasaan mandi ini caranya berbeda-beda. Ada yang setelah pulang ke rumah tidak langsung mandi dan menunda membersihkan dirinya.

Sebaiknya ketika habis keluar rumah di kondisi udara yang berpolusi adalah langsung mandi dan membersihkan diri. Memang terlihat sepele, namun efek di balik itu sangat baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan debu yang menempel.

Selain rajin membersihkan tubuh si kecil, pemilihan sabun pun tidak juga harus selektif. Tidak hanya wangi, sebaiknya sabun memiliki kandungan antibakteri untuk menjaga tubuh anak tetap bersih karena ampuh membersihkan kuman dan bakteri yang membandel.

Memasang pembersih udara
Langkah berikutnya adalah dengan memaksimalkan kondisi udara di rumah agar tetap bersih. Caranya dengan memasang pembersih udara atau air purifier untuk membantu menyegarkan kondisi ruangan dan membuat udara lebih segar.

Apalagi yang memiliki bayi dan balita. Pembersih sangat diperlukan agar kualitas udara di rumah jauh lebih baik dan bisa jadi detox pernafasan setelah bepergian. 

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA