Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

'The Story of Plastic' Diputar di MVFF 2019

Kamis 17 Oct 2019 01:31 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Doc. Kemenlu

Foto: Doc. Kemenlu

Tiza Mafira ditampilkan sebagai aktivis yang memerangi polusi plastik di Indonesia.

Ceknricek.com -- Aktivis lingkungan hidup dari Indonesia, Tiza Mafira, berkesempatan hadir pada perhelatan Mill Valley Film Festival 2019. Tiza hadir dalam rangka pemutaran perdana film dokumenter “The Story of Plastic" di kota San Rafael, California, Amerika Serikat, 3-13 Oktober 2019.

Tiza Mafira yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, mengisahkan dirinya berkesempatan menjadi salah satu kontributor film dan pembicara pada diskusi panel untuk film tersebut. Pada film ini, Tiza ditampilkan sebagai salah satu aktivis yang memerangi polusi plastik di Indonesia, bersama dengan Prigi Arisandi dari Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton) Surabaya.

Rekaman video dokumenter ini ditampilkan mencolok untuk menggambarkan bencana yang sedang berlangsung, di berbagai negara lahan-lahan penuh dengan sampah yang menumpuk seperti gunung; sungai dan laut tersumbat oleh sampah plastik; serta udara yang tercemar oleh bahan beracun dari produksi plastik dan proses daur ulang. 

Film ini juga mengangkat perspektif manajemen sampah dari kacamata negara maju dan negara berkembang. Pada film tersebut, Indonesia digambarkan sebagai negara yang seringkali disalahkan sebagai negara penyumbang sampah terbesar, namun di balik itu sebenarnya negara maju memiliki kontribusi yang signifikan terhadap sampah. Kondisi tersebut menciptakan standar ganda, yang kemudian diangkat oleh film ini secara apik.

Pergerakan Global
Pada sesi diskusi panel, Tiza menyampaikan bahwa setelah menonton film dokumenter tersebut, membuatnya semakin bersemangat karena menyadari bahwa apa yang diperjuangkan selama ini di Indonesia ternyata merupakan bagian yang signifikan dari pergerakan global melawan polusi plastik, dan merupakan sesuatu yang benar-benar patut diperjuangkan.

Baca Juga: Film "Diary of Cattle" Karya Dua Sineas Muda Indonesia Masuk Festival Film Visions du Réel

Mewakili KJRI San Francisco, Konsul Muda Ekonomi, Rizka Pravitianasari hadir pula pada event ini dan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kontribusi Tiza Mafira pada film “The Story of Plastic" dan perjuangan rekan-rekan aktivis di Indonesia untuk menyelamatkan lingkungan hidup, baik dari segi kebijakan, implementasi, maupun edukasi kepada masyarakat.

Film dokumenter “The Story of Plastic" yang disutradarai oleh Deia Schlosberg dan diproduseri oleh Stiv Wilson ini memusatkan perhatian pada krisis plastik yang mengkhawatirkan, mulai dari proses pembuatannya sampai pembuangannya. Film ini menghantar penonton ke berbagai negara yaitu AS, Belgia, RRT, India, Filipina, dan Indonesia, serta mengajak penonton untuk berkenalan dengan aktivis-aktivis di negara-negara tersebut yang berjuang melawan polusi plastik.

Mill Valley Film Festival sendiri merupakan forum untuk memperkenalkan film-film baru kepada penonton di wilayah pantai barat Amerika Serikat sejak tahun 1977. Festival ini dipersembahkan oleh California Film Institute dan berlangsung pada awal Oktober. Mill Valley Film Festival telah mendapatkan reputasi sebagai festival pembuat film, dengan merayakan film independen yang terbaik di sinema Amerika dan dunia bersama para pesaing bergengsi dan pemenang penghargaan. Setiap tahunnya Festival ini menampilkan lebih dari 200 pembuat film yang merepresentasikan lebih dari 50 negara. 

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA