Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

4 Makanan Untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Jumat 27 Sep 2019 00:23 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Jambu biji

Jambu biji

Foto: Republika/Reiny Dwinanda
Alpukat mengandung vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit.

Ceknricek.com -- Polusi udara dan debu yang terjadi di beberapa kota meningkat drastis belakangan ini. Selain membahayakan kesehatan tubuh, kondisi itu juga memengaruhi kecantikan kulit.

Paparan polusi dan debu bisa membuat kulit jadi tampak kusam dan warna tak merata. Polusi juga dapat meningkatkan pigmentasi seperti penuaan dan munculnya flek hitam. Radikal bebas dari polusi juga merusak serat kolagen yang membuat kulit jadi kering, kemerahan atau iritasi. 

Anda bisa melindungi kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Berikut 4 makanan yang dipercaya bisa  menjaga kecantikan kulit dari polusi udara.

Kacang almond
Kacang almond mengandung antioksidan, termasuk di dalamnya vitamin E yang membantu tubuh menetralisir radikal bebas. Setiap 100 gram kacang almond mengandung 25,63 mg vitamin E.

Sebuah riset pada tahun 2015 membuktikan, vitamin E dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi kerusakan kolagen akibat radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi kacang almond dengan berbagai sajian seperti sereal atau roti, atau bisa juga dengan minum susu almond.

Alpukat
Alpukat dikenal sebagai salah satu superfood. Buah ini mengandung nutrisi yang tinggi dengan kadar gula yang rendah. Alpukat juga mengandung vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit.

Dalam 100 gram alpukat, terkandung setidaknya 2,7 mg vitamin E yang  dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi munculnya garis halus, kerutan, dan bintik-bintik hitam. Vitamin C yang terdapat pada alpukat juga mampu melindungi kulit dari paparan polusi. 

Jambu biji
Vitamin C salah satu jenis antioksidan terpenting untuk melindungi kulit dari terpaan polusi. Selain menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan sel, vitamin C juga bekerja dalam mendaur ulang kadar vitamin E, yang penting untuk pembentukan kolagen. Dibandingkan dengan buah lainnya, jambu biji mengandung kadar vitamin C tertinggi sebesar 377 mg. 

Kale
Kale kaya akan nutrisi salah satunya antioksidan. Sayuran hijau yang dijuluki sebagai queen of greens ini juga mengandung lutein dan beta-karoten yang bisa mencegah kerusakan sel akibat stres oksidatif.

Menurut studi dalam jurnal PLOS One, mereka yang mengonsumsi dua hingga tiga porsi buah dan sayuran secara rutin selama enam minggu akan mengalami perubahan warna kulit. Kulit jadi lebih cerah dan menarik. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan kale sebagai menu harian Anda. 

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Informasi Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA