Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

6 Kunci Menangkis Jerawat

Rabu 16 Okt 2019 04:50 WIB

Rep: Adysa Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Jerawat di wajah.

Jerawat di wajah.

Foto: Pixabay/Kjerstin Michaela
80 persen dari orang-orang yang berusia 11-30 tahun pernah mengalami masalah jerawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap orang pernah bergelut dengan masalah jerawat. Faktanya, jerawat merupakan masalah kulit yang paling umum terjadi di tengah masyarakat. Data NHS mengungkapkan bahwa 80 persen dari orang-orang yang berusia 11-30 tahun pernah mengalami masalah jerawat.

Masalah jerawat bisa muncul karena berbagai faktor, mulai dari faktor genetik hingga hormonal. Terlepas dari faktor-faktor penyebabnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar jerawat tidak muncul. Berikut ini adalah enam cara pencegahan jerawat seperti dilansir Glamour Magazine.

Bersihkan Dua Kali Sehari
Salah satu kunci utama dalam mencegah jerawat adalah membersihkan kulit wajah dua kali sehari. Pembersihan kulit wajah sebaiknya dilakukan pada pagi dan malam hari.

Ada banyak metode pembersihan kulit wajah yang bisa dilakukan. Beberapa di antaranya adalah membersihkan wajah dengan micellar water serta mencuci wajah dengan sabun khusus wajah.

Pilih jenis pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit yang rentan terhadap jerawat. Biasanya, produk-produk pembersih wajah seperti ini mengandung salicylic acid, zinc atau benzoyl peroxide.

Gunakan Pelembap Non Komedogenik
Setelah membersihkan wajah, aplikasikan pelembap berbasis gel ringan ke area wajah. Pilih pelembap yang non komedogenik atau pelembap yang tidak menyebabkan terbentuknya komedo.

Bukan hanya kulit kering yang memerlukan pelembap. Kulit yang berminyak sekalipun memerlukan pelembap karena kulit berminyak belum tentu terhidrasi dengan baik.

Eksfoliasi Rutin
Mengeksfoliasi kulit wajah secara rutin sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali. Eksfoliasi bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan wajah. Dengan begitu, kulit wajah bisa tampak lebih cerah. Eksfoliasi yang dilakukan dalam jangka panjang juga dapat menurunkan pembentukan komedo. Namun jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi karena dapat mengiritasi kulit wajah.

Retinol
Bila mendapatkan resep dokter untuk menggunakan produk retinol, gunakanlah secara rutin sesuai petunjuk. Produk retinol biasanya digunakan di malam hari sebelum tidur. Retinol berfungsi untuk mencegah pori-pori wajah tersumbat dan menurunkan pembentukan komedo sekaligus meredakan inflamasi.

Selektif Milih Makeup
Banyak orang beranggapan bahwa menghindari riasan wajah merupakan salah satu cara yang baik untuk menghindari jerawat. Padahal, menghindari riasan wajah tidak perlu dilakukan hanya untuk mencegah jerawat.

Yang penting dilakuakna dalah memilih produk riasan wajah atau kosmetik yang sesuai. Saat memilih produk riasan wajah seperti foundation ataupun BB cream misalnya, pilih yang tidak mengandung minyak.

Jangan Disentuh
Sebagian orang mungkin akan merasa 'gatal' dan ingin menyentuh ataupun memecahkan jerawat. Lawan keinginan untuk menyentuh dan memecahkan jerawat seperti ini.

Baca Juga

Menyentuh, menggaruk, atau bahkan memecahkan jerawat dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Kebiasaan ini bahkan bisa menyebabkan munculnya tanda pigmentasi atau bekas luka yang permanen pada permukaan kulit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA