Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Membangun Ruang Belajar Sehat di Tengah Kepungan Asap

Senin 14 Oct 2019 22:06 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Sadly Rachman

Kepulan asap pembakaran arang di Cilincing, Jakarta Utara

Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
EMBED
Para siswa harus belajar di antara kepulan asap pembakaran arang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ruang belajar yang aman dan nyaman tentu menjadi pendukung yang baik bagi para siswa saat belajar. Terlebih, suasana yang sehat itu sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

Namun, bagaimana jadinya jika kondisi tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada. Seperti di Sekolah Dasar Negeri Cilincing 07 pagi. Di sekolah ini, kenyamanan hanya menjadi angan semata. Para siswa harus belajar di antara kepulan asap pembakaran arang.

Tak mau menyerah dengan keadaan, ide ruang belajar sehat muncul untuk memberikan kenyamanan bagi para siswa-siswi untuk belajar dengan baik. Ruang Belajar Sehat nantinya akan dibangun secara baik dengan menggunakan kain dakron untuk mencegah udara kotor masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, ruangan akan dipasangi exhaust fan serta penyejuk ruangan berair agar sirkulasi udara menjadi lebih baik. Tak lupa, tanaman serta aquarium yang di dalamnya terdapat biota laut pun disediakan untuk menyerap karbon dioksida.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini telah melakukan penertiban terhadap pabrik-pabrik yang menyebabkan asap berbahaya. Kedepannya, ada tempat khusus bagi pengoperasian pabrik yang menggunakan cerobong asap serta limbah berbahaya agar tidak berdampak bagi masyarakat sekitar.

Diharapkan kedua hal itu dapat membantu para siswa serta masyarakat sekitar untuk melakukan aktivitas dengan baik dan nyaman serta terhindar dari penyakit.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Muhammad Rizki Triyana

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA