Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Ini Rahasia 'Antigagal' Memasak Piza di Dapur Rumah

Rabu 09 Oct 2019 16:01 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Piza asal Italia (Ilustrasi)

Piza asal Italia (Ilustrasi)

Foto: Hippopx
Piza bisa dimasak di atas pan anti lengket dengan resep sederhana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak banyak orang yang ingin memasak menu piza karena memiliki resep yang tak praktis. Banyak orang pun lebih memilih untuk membeli menu makanan khas negara Italia itu di restoran-restoran yang menyediakan menu itu.

Padahal, membuat piza tidak serumit yang dibayangkan. Piza bahkan bisa dimasak di atas teflon atau pan anti lengket lainnya. Meski demikian, rasa piza tidak kalah lezat dengan yang ada di restoran piza lainnya.

Chef Firdaus membuat menu kesukaan orang-orang Italia itu menjadi sederhana. Dalam acara demo masak "Cooking Experience by Happycall" di Sogo Plaza Senayan pada akhir pekan lalu, dia membagikan resep sederhana membuat piza.

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat piza adalah dengan membuat roti atau dough terlebih dahulu. Kunci membuat piza yang lezat terletak pada adonan dough atau roti piza

Baca Juga

Adonan dough sendiri harus dikembangkan terlebih dahulu agar bisa lebih empuk ketika dimakan. Firdaus menuturkan, ada dua cara untuk mengembangkan dough.

Cara yang pertama adalah dengan mendiamkan dough selama kurang lebih 15 menit sampai dough benar-benar mengembang. “Atau cara kedua adalah dengan memipihkannya terlebih dahulu, diberi topping, lalu baru didiamkan selama 15 menit untuk membiarkan dough mengembang sebelum dimasak,” ujar dia

Memipihkan dough juga bisa dilakukan dengan beberapa cara. Alat yang bisa digunakan adalah limpin pemipih adonan, gelas, atau bahkan botol minuman. Tingkat pemipihannya pun dibebaskan. Bagi orang-orang yang menyukai piza dengan bentuk yang sangat pipih atau tipis seperti makanan aslinya di Italia, dough bisa dipipihkan sangat tipis.

“Untuk membuat piza, kita bisa memakai pan berbahan titanium. Cara memasaknya pun kita tidak memerlukan minyak atau margarin yang dioleskan pada pan yang semula ditujukan agar tidak lengket. Sebab pan ini memiliki lapisan titanium yang membuat tidak lengket,” ungkap Chef Firdaus.

Setelah dipipihkan, maka adonan bisa diberikan berbagai macam topping. Caranya, adalah dengan mengoles pasta tomat dan saus tomat di atas adonan. Firdaus pun menaruh adonannya di atas pan terlebih dahulu sebelum diolesi pasta dan diberi topping.

“Jangan lupa, setelah ditaruh di pan, adonan lebih baik ditusuk-tusuk terlebih dahulu agar adonan tidak mengembang ketika dimasak nanti,” ungkap Firdaus.

Setelah itu, piza siap dimasak dengan api sedang, selama 15 menit lamanya. Setelah dirasa matang, maka sajikan selagi hangat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA