Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

5 Judul Komik Jagoan Versi Baru dari Bumilangit

Selasa 15 Oct 2019 13:45 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Aktris Pevita Pearce (kelima kiri) saat menghadiri peluncuran Komik 'Sri Asih' pada acara Indonesia Comic Con 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Ahad (13/10).

Aktris Pevita Pearce (kelima kiri) saat menghadiri peluncuran Komik 'Sri Asih' pada acara Indonesia Comic Con 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Ahad (13/10).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bumilangit telah merestorasi dan remaster komik-komik jagoan terbitan 1950/1960-an.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak 1954, para maestro komik menghadirkan karakter jagoan lewat cerita bergambar (cergam) asli Indonesia. Deretan karakter ikonik yang digandrungi itu termasuk Sri Asih, Gundala, Si Buta dari Gua Hantu, dan masih banyak lagi.

Bumilangit mengarsipkan dan mengelola karya-karya para maestro lewat upaya restorasi. Tidak hanya itu, Bumilangit juga berinisiatif menghadirkan kembali komik-komik itu dalam versi lebih kekinian agar sesuai dengan audiens era sekarang.

"Sejak 2003, Bumilangit melakukan restorasi dan remaster komik-komik era 1950/1960-an. Kami mengembangkan dan menceritakan ulang komik dengan tim penulis dan komikus terpilih," kata General Manager Bumilangit Is Yuniarto.

Menurut Is, hal itu penting guna melestarikan cergam klasik Indonesia yang sarat dengan nilai kearifan lokal. Bumilangit sudah merilis sejumlah judul komik, berlanjut dengan lima judul yang tengah disiapkan sebagai berikut.

Si Buta dari Gua Hantu Vol 3 Rajamandala
Bumilangit dan M&C Koloni bekerja sama menghadirkan versi cetak Si Buta dari Gua Hantu Vol 3 Rajamandala. Komik garapan tim Aji Prasetyo, Iwan Nazif, dan Doni Cahyono itu segera hadir pekan ini di toko buku, melanjutkan petualangan Si Buta.

Godam Putih Hitam
Erfan Fajar dam Tanfidz T menggarap komik daring Godam Putih Hitam yang segera hadir di Facebook dan Twitter. Komik menceritakan situasi pelik yang dialami Godam. Sang jagoan harus melawan seseorang yang dia selamatkan bertahun-tahun silam.

Virgo and the Sparklings Vol 3
Volume ketiga komik yang mengisahkan Riani, Ussy, dan Monik ini segera hadir dalam versi cetak terbitan Elex Media Komputindo. Komik karya Annisa Nisfihani dan Ellie Goh ini menyajikan kompilasi cerita Line Webtoon dengan tambahan bonus cerita baru.

Mandala Golok Setan Vol 1
Buku komik terbitan M&C Koloni-Bumilangit ini menceritakan asal-muasal Mandala. Pak Man, komikus aslinya, berkolaborasi dengan Rizqi R Mosmarth, Ardian Syaf, dan Doni Cahyono. Musim baru dari komik versi daring juga segera bisa disimak lewat media sosial.

Sri Asih
Komik karya RA Kosasih ini akan hadir dalam versi baru garapan dua komikus muda Archie the RedCat dan Devita Krisanti. Sri Asih akan hadir di Line Webtoon akhir 2019 dengan latar kisah serta tampilan visual yang lebih modern.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA