Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Lelah Bekerja? Coba Atasi dengan Cara Ini

Selasa 15 Oct 2019 12:51 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Stres di tempat kerja (Ilustrasi)

Stres di tempat kerja (Ilustrasi)

Foto: Dailymail
Kelelahan bekerja sudah masuk dalam daftar diagnosis medis resmi WHO.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keletihan di tempat kerja atau burnsout telah diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai diagnosis medis resmi. Ini tidak mengherankan, mengingat bahwa hampir satu juta orang bolos karena stres profesional setiap hari.

Hampir tidak mungkin untuk membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh kelelahan. Kepuasan kerja yang menurun, produktivitas yang menurun, dan penurunan kebahagiaan secara keseluruhan adalah beberapa hasil kelelahan yang paling umum. Ini semua dapat bertahan dalam jangka panjang.

Dilansir melalui Inc.com, Selasa (15/10), untuk menghindari efek terburuknya, lakukan apa saja untuk menghindari kejenuhan.  Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kejenuhan.

Baca Juga

Ingat Jam Kerja
Seringkali pekerja gagal menyadari nilai waktu mereka. Tidak mungkin mempertahankan kebahagiaan jangka panjang tanpa menyeimbangkan waktu profesional Anda dengan waktu pribadi Anda. Menghindari kelelahan berarti menggunakan waktu dengan bijak, baik sekarang maupun di masa depan.

Gunakan kalender digital atau alat penjadwalan untuk mengawasi bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Ambil penilaian secara mingguan: Berapa banyak waktu yang Anda habiskan di kantor?  Berapa banyak pekerjaan yang Anda lakukan di rumah?  Berapa banyak waktu untuk diri sendiri? Jika salah satu dari angka-angka itu terlihat rusak, itu pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu diubah.

Pisahkan Pekerjaan Rumah dan Kantor
Salah satu cara paling umum kelelahan terjadi adalah melalui kerja yang berlebihan. Ketika tanggung jawab profesional mulai merambah ke kehidupan di luar kantor Anda, baik di malam hari atau selama akhir pekan atau berlibur, itu pertanda bahwa kelelahan akan segera datang. Orang yang bekerja di rumah paling rentan, karena garis pemisah antara pekerjaan dan waktu dengan keluarga hanyalah sebuah pintu ruang kerja yang tertutup.

Salah satu cara menghindari creep adalah dengan memutus hubungan.  Jika ponsel dan laptop Anda selalu menyala dan siap saat Anda di rumah, maka Anda tidak pernah benar-benar meninggalkan kantor sama sekali.  Berusaha untuk mencabut sepenuhnya dari pekerjaan ketika Anda berada di waktu Anda sendiri, dan Anda akan melihat perubahan dalam berapa banyak yang Anda dapatkan dari waktu Anda di rumah.  Juga, memusatkan perhatian Anda pada berbagai aspek kehidupan Anda akan membantu Anda merasa lebih segar dan kreatif ketika saatnya untuk bekerja lagi.

 

Jangan Lupa Berlibur
Mayoritas orang tidak menggunakan semua hari liburan mereka, dan mereka membayar harganya untuk itu. Cuti kerja dapat memberikan dorongan besar bagi produktivitas, kreativitas, dan kepuasan kerja Anda secara keseluruhan.

Bekerja melalui hari-hari liburan Anda mungkin terasa seperti hal yang tepat untuk dilakukan bagi karier Anda, tetapi itu hanya meningkatkan kemungkinan kelelahan dalam jangka panjang.

Berlibur akan baik untuk kesehatan mental Anda secara keseluruhan, bukan liburan yang membutuhkan perencanaan berlebihan, banyak transfer penerbangan, atau biaya besar. Pergi ke tempat yang santai dan baru. Bahkan jika itu hanya untuk tujuan terdekat, perubahan pemandangan dapat membantu Anda mendapatkan perspektif tentang di mana Anda berada dalam kehidupan.

Cobalah Bekerja dari Jarak Jauh
Pada catatan yang sama, Anda bisa mendapatkan perubahan pemandangan tanpa sepenuhnya meninggalkan pekerjaan. Meskipun sangat penting untuk benar-benar memutuskan hubungan selama waktu liburan, bekerja dari jarak jauh dapat memberikan pekerjaan Anda udara segar yang dibutuhkan tanpa takut ketinggalan.

Pekerjaan jarak jauh juga memiliki manfaat lain, seperti peningkatan produktivitas dan dorongan budaya perusahaan.  Mengambil langkah ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan kecepatan Anda sendiri dan menentukan gaya Anda sendiri. Hal itu dapat membuat perbedaan besar dalam kepuasan Anda secara keseluruhan.

Untuk memaksimalkan karier Anda, Anda harus siap untuk membuat pendekatan Anda bekerja dalam jangka panjang. Kelelahan akan memotong segalanya, gunakan tips ini untuk memastikan itu tidak terjadi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA