Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Diet Sehat Bisa Diterapkan dengan Cara Sederhana (1)

Senin 14 Okt 2019 15:31 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).

Sayur dan buah makanan yang Sehat (ilustrasi).

Foto: Republika/Prayogi
Penerapan diet sehat sebenarnya mudah dilakukan bagi siapa saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin merasa pengaturan pola makan atau diet yang sehat dan seimbang sulit untuk diterapkan. Padahal, penerapan diet sehat sebenarnya lebih mudah dari perkiraan kebanyakan orang.

Laman Fit Up Daily, Senin (14/10), mengungkapkan 10 aturan sederhana dan jelas untuk memudahkan penerapan diet sehat. Kesepuluh aturan ini bisa diterapkan sesegera mungkin tanpa harus menghabiskan banyak uang, waktu dan energi. Berikut ini adalah kesepuluh aturan tersebut.

Baca Juga

Memahami Tubuh Anda
Hanya sedikit rekomendasi mengenai gizi yang bisa benar-benar diterapkan oleh semua orang. Alasannya, tiap orang berbeda dan memiliki tubuh yang berbeda pula. Ada beragam faktor yang mendasari hal ini, mulai dari faktor genetik, gaya hidup, usia, jenis kelamin, hingga bakteri di dalam usus.

Oleh karena itu, kunci pertama yang perlu diperhatikan dalam penerapan diet sehat adalah mengenali tubuh sendiri. Coba mulai lebih memperhatikan bagaimana suatu jenis makanan memberikan pengaruh pada tubuh. Apakah ada makanan tertentu yang membuat tubuh terasa lebih bertenaga, atau mungkin apakah ada makanan tertentu yang justru membuat tubuh terasa tak nyaman dan mudah lapar.

Jangan Antipati
Saat ini ada cukup banyak tren diet yang mengenyampingkan kelompok makanan tertentu. Sebagai contoh, ada beberapa tren diet yang memusuhi karbohidrat dan membuat karbohidrat tampak seperti makanan jahat yang harus benar-benar dijauhi.

Pada dasarnya, tidak perlu menjauhi kelompok makanan tertentu bila memang tidak memiliki alasan untuk melakukan hal tersebut. Sebagai contoh, seseorang tidak perlu menghindari laktosa bila memang tidak memiliki alergi atau intoleransi terhadap laktosa.

Jangan Terobsesi
Terlalu terobsesi dengan makanan sehat justru dapat memicu hubungan yang kurang baik dengan makanan. Sesekali mengonsumsi makanan manis pemberian rekan kerja ataupun makanan yang digoreng boleh saja dilakukan.

Konsumsi Real Food
Kunci lain dari penerapan diet sehat adalah menghindari makanan yang terlalu banyak melalui proses pengolahan. Sebisa mungkin, jadikan real food atau makanan yang tidak terlalu banyak melewati proses pengolahan sebagai dasar dari diet sehat.

Makanan yang terlalu banyak melalui proses pengolahan biasanya memiliki daftar bahan bahan yang sangat panjang, zat-zat aditif dan juga gula tambahan yang banyak. Sebagian besar dari sereal sarapan pagi, makanan siap santap, hingga pastry merupakan contoh dari makanan yang banyak melalui proses pengolahan.

Berlatih Berpikir Kritis
Tren diet seringkali memaksakan anggapan bahwa semakin rendah kalori maka semakin sehat suatu makanan. Hal ini seringkali mendorong orang-orang membeli superfood hingga suplemen yang terlalu mahal.

Cukup banyak pula influencer yang mempopulerkan diet tertentu sebagai diet yang cocok untuk diadopsi oleh semua orang. Diet keto contohnya, dipopulerkan sebagai diet yang tampak bisa diterapkan dalam jangka panjang. Padahal secara medis, diet keto hanya diperuntukkan bagi kondisi tertentu dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itu, perlu adanya kemampuan untuk berpikir kritis sebelum mengimplementasikan informasi baru mengenai tren diet. Konsultasi dengan tenaga profesional seperti ahli gizi juga dapat membantu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA