Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Diet Sehat Bisa Diterapkan dengan Cara Sederhana (2-Habis)

Senin 14 Oct 2019 15:37 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Diet Sehat (Ilustrasi)

Diet Sehat (Ilustrasi)

Foto: Flickr
Cara diet ini bisa langsung diterapkan tanpa harus menghabiskan banyak uang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin merasa pengaturan pola makan atau diet yang sehat dan seimbang sulit untuk diterapkan. Padahal, penerapan diet sehat sebenarnya lebih mudah dari perkiraan kebanyakan orang.

Laman Fit Up Daily, Senin (14/10), mengungkapkan 10 aturan sederhana dan jelas untuk memudahkan penerapan diet sehat. Kesepuluh aturan ini bisa diterapkan sesegera mungkin tanpa harus menghabiskan banyak uang, waktu dan energi. Berikut ini adalah kesepuluh aturan tersebut.


Kreasi Sayuran dan Buah
Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Dalam satu kali makan, setengah porsi piring sebaiknya terdiri dari sayuran dan buah.

Agar tidak merasa bosan, jangan hanya mengolah sayur menjadi salad. Sayur bisa diolah menjadi makanan yang sehat dan lezat melalui kreasi memasak. Coba melakuakn eksperimen dengan kombinasi, metode memasak hingga rempah-rempah saat mengolah sayuran.

Baca Juga

Cukupi Serat
Asupan serat juga memegang peranan penting dalam diet sehat. Dalam satu hari, umumnya orang dewasa memerlukan sekitar 25-30 gram asupan serat. Sayangnya, masih ada cukup banyak orang yang belum memenuhi kebutuhan asupan serat ini dengan baik.

Padahal, serat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Beberapa manfaat serat adalah menunjang pencernaan dan pergerakan usus yang baik, memelihara bakteri sehat di dalam usus, mencegah terjadinya lonjakan gula dan mencegah penyakit seperti kanker kolon. Serat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan hingga gandum utuh.

Konsumsi Protein dari Sumber Tepat
Setiap hari, tubuh perlu mendapatkan asupan protein sekitar 1-2 gram per kilogram berat badan. Kebutuhan akan asupan protein akan lebih besar bila seseorang banyak melakukan banyak olahraga atau sedang proses penurunan berat badan.

Memenuhi kebutuhan asupan protein pada dasarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, kecuali untuk orang yang menerapkan diet vegan atau vegetarian. Meski begitu, penting untuk memperhatikan dari mana sumber protein berasal.

Orang yang lebih banyak mendapatkan asupan protein dari daging merah sebaiknya mulai beralih ke daging putih. Terlalu banyak konsumsi daging merah akan membuat tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan lemak jenuh.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan antara asupan protein hewani dan nabati. Seperti halnya protein hewani, protein nabati juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Salah satu contoh sumber protein nabati adalah kedelai atau kacang-kacangan.

Variasi Makan
Diet sehat akan menekankan keseimbangan asupan berbagai zat gizi ke dalam tubuh. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi jenis makanan yang sama dari waktu ke waktu. Variasi makanan di dalam diet akan membantu menjaga keseimbangan asupan zat gizi.

Olahraga
Selain apa yang dimasukkan ke dalam tubuh, kunci lain yang dapat menunjang diet sehat adalah olahraga. Kebiasaan berolahraga akan mendorong terciptanya pola hidup yang aktif dan mendorong seseorang untuk lebih memperhatikan diet.

Dengan berolahraga, perspektif baru terhadap tubuh biasanya akan terbentuk. Pandangan inilah yang kemudian akan memotivasi seseorang untuk lebih memperhatikan apa yang dikonsumsi agar bisa memiliki performa tubuh optimal.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA