Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Praktikkan Ini Agar Makan Sayur Terasa Lebih Mudah

Senin 14 Oct 2019 12:16 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Indira Rezkisari

Sandwich isian sayur bisa menambah asupan serat sehari-hari.

Sandwich isian sayur bisa menambah asupan serat sehari-hari.

Foto: Pixabay
Dengan strategi, sayuran bisa menjadi asupan yang menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Makan sayuran sangat penting untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar berenergi, berfungsi dengan baik, hingga melawan penyakit. Memang mengonsumsi sayuran dalam jumlah banyak terutama saat diet bisa menjadi tantangan, terlebih jika tak terbiasa memakannya secara teratur atau merasa kerepotan karena harus memotong, mengupas, hingga menyiapkannya di tengah kesibukan.

Namun dengan sedikit strategi, sayuran ternyata bisa menjadi asupan yang menyenangkan dan mudah dikonsumsi dengan makanan apapun. Cobalah kiat sederhana ini agar dapat mengonsumsi banyak sayuran saat anda diet.

Mulailah dengan langkah kecil. Seperti dilansir US News Health, Senin (14/10), jika Anda tak banyak makan sayuran, mulailah dengan menambahkan sayuran pada makanan yang biasa Anda makan.

Misalnya memesan piza, pilihlah taburan sepeti terong, paprika, brokoli, atau hati artichoke. Begitupun membuat kaleng sup, campurkanlah segenggam bayam. Jika butuh cemilan, belilah sekantung wortel mini dan celupkan dalam hummus, salsa, atau guacamole. Lakukan percobaan itu dengan cara memasukkan setidaknya satu jenis sayuran pada setiap makanan.

Seperti untuk sarapan, coba menumbuk kentang atau ubi ke dalam bubur atau menambahkan paprika dan bawang ke telur orak-arik. Untuk makan siang, bisa tmbahkan irisan sayuran tipis ke dalam sandwich seperti tomat, bawang, mentimun atau zucchini bakar.

Baca Juga

Sedang untuk malam hari, belilah sekantong kembang kol. Ganti nasi dengan kembang kol atau campur kembang kol ke nasi.

Cobalah semua jenis sayuran. Tak hanya sayuran yang belum pernah Anda coba, Anda juga harus mencoba sayuran yang tidak sukai lagi. Cobalah berulang-ulang. Sebab berdasarkan penelitian menyebutkan paparan makanan yang berulang-ulang dapat membuat kita mengembangkan rasanya.

Cobalah 10 hingga 20 kali mengonsumsi sayuran yang disiapkan terpisah dengan berbagai cara dalam beragam hidangan. Jika masih ada sayuran tertentu yang tidak disukai setelah bereksperimen, tak apa-apa.

Ada banyak sayuran lain di luar sana. Temukanlah apa yang sesuai untukmu.

Pilihlah rasa terhadap sayuran yang paling Anda sukai itu, sehingga Anda bisa makan dan menikmatinya setiap hari.

Berikut beberapa ide yang dapat membantu anda bereksperimen menemukan mana yang cocok untuk anda.

Sesuaikan tekstur dan rasa selama persiapan, jika tak suka wortel mentah dan renyah, gunakanlah wortel yang lebih lembut dan manis, potong dadu dan bakar. Cobalah varietas baru, bayam, kangkung adalah sayuran yang sudah  populer.

Coba juga sayuran lain yang ada di pasar seperti aragula, lobak swiss, selada air, kacang polong, bok choy, collard green. Buatlah sayuran menjadi manis, kepahitan sayuran hijau dapat dinetralisir dengan memasaknya dan menyiapkan sejumlah bahan seperti minyak zaitun, sentuhan manis dari sirup  maple, atau asam dari jeruk, atau dengan penambahan telur rebus atau yogurt.

Gantilah roti dengan sayuran, Anda bisa menggunakan sayuran hijau sebagai alas sandwich, daun endive dapat diisi dengan sesendok telur, tuna atau salad ayam.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA