Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Selasa, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Menyeruput Hangatnya Mi Ongklok di Dinginnya Udara Dieng

Senin 14 Okt 2019 10:43 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Sumber: Instagram @muljoto88_id

Sumber: Instagram @muljoto88_id

Mi ongklok adalah makanan khas Dieng yang sangat populer.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng sangat terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis. Tempat itu banyak dikunjungi turis lokal maupun turis asing. Di kawasan Dieng ada satu makanan khas sangat populer yang cocok disantap di tengah dinginnya udara Dieng. Namanya, ongklok. Hidangan ini merupakan olahan mie yang direbus, diracik dengan potongan kol, daun kucai, serta kuah kental berkanji.

Penemu mie ongklok adalah Muhadi asal Wonosobo dahulunya adalah pedagang mie keliling. Ia membuat racikan mie baru dengan membuat varian unik, mie rebus yang dicampur dengan bahan-bahan yang mudah didapat di kota Wonosobo. Setelah berulangkali mencoba terbentuklah paduan mie kuning, rajangan kubis serta irisan kucai dan kuah yang pekat berkanji. Dan diberi nama mie ongklok.

Kaldu sapi kental dengan campuran kanji memang karakter utama yang membedakan mie ongklok dengan racikan mie lainnya. Harga mie ongklok sangat bervariatif, mulai Rp 5.000 hingga puluhan ribu. Biasanya terdapat sajian tambahan yang disuguhkan. Di antaranya sate sapi, tempe kemul, dan geblek yang terbuat dari singkong. Mie khas Wonosobo ini bisa dengan mudah ditemukan di berbagai sudut kota.

Ada beberapa kios mie onglok yang jadi favorit warga kota berhawa dingin ini. Berikut beberapa spot varian mie ongklok yang terdapat di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.

Mie Ongklok Tosari

Sumber: phinemo.com

Mie yang satu ini terasa sangat nikmat dinikmati di sore hari yang dingin di Wonosobo. Warung mie ongklok Tosari sendiri terdapat di Jalan Raya Dieng, Kalianget, Kec. Wonosobo.

Mie Ongklok Bu Umi

Sumber: Instagram @gembulfoodie

Baca Juga: Sajian Aneka Ramen yang Dikombinasikan Makanan Indonesia

Cita rasa gurih dan bumbu mie dan kuah kental di warung Mie Ongklok Bu Umi ini sangat populer. Lokasinya di jalan Masjid, Kauman Utara, Wonosobo, sekitar 500 meter dari pusat kota Wonosobo.

Mie Ongklok Bapak Umar

Sumber: Travelingyuk.com

Yang unik dari warung satu ini adalah, Anda bisa menikmati pedas, gurih dan panasnya Mie Ongklok ditemani kuliner khas Wonosobo, Tempe Kemul dan sate sapinya. Lokasinya di Jalan Banyumas No.32, Selomerto, Kabupaten Wonosobo.

Mie Ongklok Pak Muhadi

Sumber: Instagram @muljoto88_id

Warung mie ongklok ini terletak di jalan Ahmad Yani, jalan utama di Wonosobo yang mudah ditemukan. Warung ini memiliki tempat yang cukup luas, cocok untuk yang jalan-jalan bersama rombongan atau kumpul ramai-ramai.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA