Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

5 Manfaat Wasabi untuk Kesehatan

Senin 14 Oct 2019 16:30 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Wasabi

Wasabi

Foto: ist
Wasabi merupakan salah satu pelengkap yang sering ditemui dalam masakan Jepang seperti sushi, sashimi atau ramen.

wasabi merupakan salah satu pelengkap yang sering ditemui dalam masakan Jepang seperti sushi, sashimi atau ramen. Wasabi yang memiliki tekstur menyerupai pasta dan berwarna hijau itu merupakan tanaman herbal yang masih sejenis dengan kubis atau kol. 

Rasa pedas yang terasa menyengat hingga ke hidung dan kepala ini ternyata menyimpan manfaat yang belum banyak diketahui. Wasabi berasal dari akar tanaman bernama Wasabi Japonica.

Akar tanaman ini mengandung serat, protein, dan energi. Selain itu, ada banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti zat besi, mineral, kalsium, fosfor, magnesium, potassium, zinc dan sodium.

Masih ada lagi, wasabi juga kaya akan vitamin C, A, B6 hingga folat. Sebagai tanaman dengan kadar antioksidan tinggi, wasabi sangat bagus untuk dikonsumsi. Berikut manfaat wasabi untuk kesehatan ;

1. Menurunkan risiko kanker

Wasabi ternyata bisa menurunkan risiko terkena kanker, berkat kandungan fitonutrien yang disebut isothiocyanate. Isothiocyanate yang memberikan rasa pedas, adalah senyawa fitonutrien dengan kandungan efek antikanker yang kuat. 

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention menunjukkan bahwa senyawa isothiocyanate bisa membantu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker paru dan kanker kerongkongan.  Senyawa ini mampu membunuh sel kanker tanpa merusak bagian yang sehat di sekitar sel berbahaya tersebut. Senyawa isothiocyanate juga diyakini bisa menurunkan risiko serangan kanker lainnya, termasuk kanker pencernaan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain dengan olahraga dan menghindari makanan berlemak, makan olahan Wasabia japonica ini juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Ini karena wasabi memiliki kandungan antihypercholesterolemic yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh. Pelengkap makanan ini secara tidak langsung akan menurunkan risiko gangguan kardiovaskular, stroke, serta serangan jantung.

3. Mengobati rasa sakit akibat peradangan

Para ilmuwan dari University of California di Amerika Serikat menemukan bahwa wasabi bisa memulihkan nyeri kibat peradangan atau pembengkakan sendi. Hal tersebut dipercaya karena tanaman ini mengandung senyawa isothiocyanate yang berhubungan langsung dengan Transient Receptor Potencial (TRP).

Baca Juga: 6 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan Tubuh

TRP merupakan bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengenali beragam sensasi, sehingga bisa menghantarkan sinyal rasa sakit. Senyawa isothiocyanate bekerja dengan menghentikan aliran sinyal rasa sakit tersebut. Itu sebabnya, rasa sakit akan memudar secara berangsur-angsur.

4. Efek antibakteri

Manfaat wasabi yang tak kalah menarik yakni mampu memerangi infeksi bakteri di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Frontiers in Microbiology membuktkan hal tersebut. Menurutnya, wasabi bisa membatu melawan serangan bakteri Escherichia coli O157:H7 dan Staphylococcus Aureus

Bakteri Escherichia coli (E.coli) adalah jenis bakteri yang lumrah hidup di dalam usus manusia dan hewan. Kebanyaka kasus diare ringan biasanya disebabkan karena jumlah bakteri E.coli yang meningkat. Namun, beberapa jenis lainnya seperti E.coli O157:H7 bisa menimbulkan kondisi yang lebih parah.

Wasabi ternyata memiliki kandungan antibakteri yang bisa membantu menetralisir racun serta perkembangan bakteri berbahaya di dalam tubuh. Pelengkap makanan dengan warna khas hijau ini juga mampu membunuh bakteri yang hadir pada makanan.

5. Meringankan masalah pernapasan

Bagi Anda yang mengalami masalah pernapasan, aroma wasabi bisa memulihkan gejala tersebut. Ini berkat komponen gas yang terkandung di dalam wasabi. Komponen pencetus aroma menyengat tersebut bisa memberikan reaksi yang kuat pada saluran pernapasan dan sunis.

Beberapa orang mungkin akan merasa agak pusing dan pedas saat menghirup aroma wasabi. Namun jangan salah, aroma tersebut yang justru bermanfaat baik untuk sistem pernapasan Anda.

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA