Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Color in Cave Jadi Karya ke Empat Museum Macan

Senin 14 Oct 2019 09:13 WIB

Red: Nora Azizah

Museum Macan (Ilustrasi)

Museum Macan (Ilustrasi)

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Kali ini karya dari seniman Mit Jai Inn khusus dibuat untuk anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum Macan mengumumkan karya ke empat untuk Proyek Komisi Ruang Seni Anak UOB Museum Macan sejak museum dibuka pada November 2017. Dalam proyek ke empat ini, perupa kenamaan Thailand Mit Jai Inn akan menampilkan karya pertamanya yang dirancang khusus untuk anak-anak, berjudul Warna dalam Gua (Color in Cave). Karya ini akan ditampilkan mulai 25 Oktober 2019 hingga Maret 2020.

“Saya harap area ini dapat menginspirasi para pemikir muda yang kreatif dan pengunjung lainnya, tanpa terbatas usia, untuk menciptakan tujuan positif dalam penjelajahan kreatif mereka," kata Mit Jai Inn dalam siaran pers, Senin (14/10).

Baca Juga

Sebelum memasuki area gua, pengunjung dapat memilih untuk memakai jubah yang berfungsi sebagai kostum, selagi mereka berpartisipasi dalam area. "Sebagai ahli bermain yang alami, anak-anak bisa mendapat pengetahuan melalui cara belajar yang menyenangkan, inovatif dan imajinatif dalam area yang diciptakan untuk mereka.”

Ada berbagai aktivitas di dalam museum, termasuk melukis dinding gua dan instalasi lunak yang menyerupai bebatuan atau menciptakan warna unik dalam sebuah kolam warna. Aktivitas lain juga bisa dilakukan dengan menempel dan menyusun bentuk dan warna, mencoret-coret menggunakan "fosil" warna, hingga menemukan pesan-pesan tersembunyi dari sang perupa Mit Jai Inn di dinding gua.

Saat meninggalkan area, pengunjung dapat membawa pulang sobekan kain yang diambil dari karya instalasi Mit sebagai kenang-kenangan. Kain ini sengaja dibuat polos, memberi ruang agar pengunjung dapat memodifikasinya dengan warna. Warna-warna dalam area ini disapukan dari cat akrilik dari Tesla Paints, sebuah perusahaan asal Semarang yang menjadi sponsor pendukung aktivitas dalam proyek ini.

Mit Jai Inn adalah salah satu pendiri Chiang Mai Social Installation Project, sebuah wadah untuk komunitas seni dan disiplin lainnya untuk bertukar ide seputar perubahan sosial melalui forum diskusi di berbagai ruang publik. Ia juga mengurus Cartel Artspace di Bangkok, sebuah galeri eksperimental yang menawarkan ruang untuk perupa yang karyanya merefleksikan kondisi Thailand dan Asia Tenggara dalam konteks sejarah dan masa kini.

Dalam karyanya, Mit Jai Inn banyak menggunakan warna-warna cerah dan bernada riang yang biasanya diaplikasikan pada materi tanpa bingkai, yang mengundang audiensnya untuk melihat dan mengalami karya seni dengan sentuhan langsung. Proyek Komisi Ruang Seni Anak UOB Museum MACAN sebelumnya telah menampilkan karya-karya perupa Asia terkenal Entang Wiharso (Indonesia), Gatot Indrajati (Indonesia) dan Shooshie Sulaiman (Malaysia).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA