Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Persiapan yang Perlu Dilakukan Menjelang Musim Hujan

Ahad 13 Oct 2019 21:13 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah

Cuaca dingin. Ilustrasi

Cuaca dingin. Ilustrasi

Foto: BBC
Mengubah jenis aktivitas fisik hingga stok makanan perlu dipersiapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebentar lagi musim penghujan akan tiba di Indonesia. Meski sudah biasa dengan pergantian musim, tak ada salahnya bila kita mempersiapkan diri menjelang musim hujan dengan cuaca yang cenderung dingin.

Baca Juga

Dilansir melalui Mind Body Green, Ahad (12/10), ada beberapa hal yang disarankan pakar untuk dipersiapkan menjelang pergantian musim.


Makan lebih banyak dan olahraga
Spesialis yoga dan ahli terapi peregangan, Claire Grieve, selalu mengganti rutinitas perawatan diri secara musiman. Musim yang berbeda menghadirkan energi dan elemen yang unik, sehingga dibutuhkan teknik berbeda untuk tetap seimbang.

Pertama, ia suka makan makanan musim ini. Hal-hal seperti artichoke, brokoli, cranberry, adas, labu, dan ubi jalar bisa menjadi tambahan yang hebat dan kaya nutrisi untuk menu musim dingin Anda.

Selain itu, ia mulai memasukkan praktik pemanasan ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti kelas yoga panas, mandi garam panas setiap hari, dan makan lebih banyak makanan hangat seperti segar sup berbasis sayuran.

"Saya juga memastikan untuk mengambil tindakan pencegahan yang meningkatkan kekebalan misalnya dengan teh kekebalan, vitamin C dan D, elderberry, dan tidur tambahan dapat membantu mencegah penyakit."

Resep untuk nutrisi musim dingin
Ahli gizi, Whitney English, RDN, mengatakan ketika dingin, hal terakhir yang ia inginkan adalah smoothie dingin atau salad dingin. Namun, menjaga asupan buah-buahan dan sayuran yang penuh nutrisi sangat penting untuk tetap sehat selama musim gugur dan musim dingin dan melawan infeksi umum. Jadi ia telah membuat dan mem-bookmark resep untuk membuatnya tetap hangat selama musim dingin seperti sup wortel, teh herbal, dan oatmeal berry baked hangat. Selain itu, dapatkan secangkir teh hangat.


Buat banyak kaldu sayuran dan kaldu tulang dan bekukan untuk nanti.
Koki dan master reiki, Serena Poon, mengatakan dengan musim gugur di sini dan cuaca musim dingin yang nyaman di depan kita, salah satu cara favoritnya untuk menyiapkan adalah dengan membuat sup dan stok yang kaya nutrisi dan membekukannya untuk kemudahan siap pakai. Sayuran akar hangat yang dibuat menjadi sup murni tidak hanya membumikan dan menghangatkan untuk cuaca dingin , tapi mereka juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika Anda memasukkan protein hewani ke dalam makanan Anda, sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuat batch besar Anda kaldu tulang dan kaldu untuk memperkaya sup dan semur sayuran atau protein.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA