Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Walking Tour, Susuri Ibu Kota dengan Jalan Kaki

Sabtu 12 Oct 2019 23:42 WIB

Rep: MGROL Widyadhana Mufida/ Red: Reiny Dwinanda

Berwisata Menikmati Jakarta dengan Walking Tour

Berwisata Menikmati Jakarta dengan Walking Tour

Foto: Republika/Adam Maulana Sarja
Banyak daerah wisata yang bisa disusuri dengan berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, walking tour Tawarkan Jalan Sehat Menikmati Ibu Kota

JAKARTA -– Ada banyak tempat di Jakarta yang bisa dijelajahi dengan berjalan kaki. Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Pusat (Jakpus) menawarkan berbagai pilihan untuk mengeksplorasi Jakarta lebih luas dengan berjalan kaki.

Jakpus menjadi inti kota yang menyimpan sejarah, ragam kuliner, dan banyak sekali potensi wisata. Walking tour atau wisata jalan kaki ini mencoba mengabungkan beberapa situs wisata menjadi satu rute wisata. Dalam tiap rute, wisatawan akan diajak berkunjung ke kurang lebih 9 tempat wisata dengan jarak tempuh sekitar dua hingga tiga kilometer.

"Kita punya banyak tempat wisata, tetapi dijual satu-satu. Kami ingin menjualnya sekaligus dalam satu paket. Di Jakarta, walking tour belum terlalu banyak. Selama ini, hanya dilakukan oleh Komunitas,” jelas Sonti Pangaribuan, Kasudin Pariwisata dan Budaya Jakarta Pusat di All Season Hotel Thamrin, Jakpus (11/10).

Sonti juga menjelaskan hadirnya wisata jalan kaki ini didukung dengan hadirnya trotoar-trotoar di Jakarta Pusat yang lebar, baik, dan nyaman, yang menjadi nilai besarnya. Ditambah lagi, dengan berjalan kaki, wisatawan dapat merasakan seluruh tempat wisata secara langsung.

"Pengalaman dari jalan-jalan dengan Walking Tour ini sangat-sangat positif. Khususnya bagi saya yang memang kaum milenial, mudah-mudahan generasi lainnya, mereka juga bisa menerima hal ini,” ujar Fajar, Youtuber Parawisata dan Kuliner Indonesia.

Fajar merasa senang dapat ikut mencoba walking tour. Ia melihat potensi besar dari wisata semacam ini yang dapat sesuai dengan pasar lintas generasi serta membawa manfaat yang sehat bagi yang mengikutinya. Ia berharap hadirnya program ini dapat juga meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk berjalan kaki.

Program walking tour perdana telah dilaksanakan pada Jumat (11/10), dengan mengikuti rute melalui Sarinah menuju All Season Hotel Thamrin. Dalam pembukaan perdananya, walking tour menawarkan 6 rute yang memilki kelebihannya masing-masing, yakni rute Skyscarper, rute City Center, rute Pasar Baru, rute Diversity, rute Weltevreden, dan rute Menteng Prominent Residences.

Bayu Megantara, Walikota Jakarta Pusat, berharap hadirnya walking tour ini dapat mengajak wisatawan asing, serta masyarakat ibu kota sendiri untuk mengekplorasi wisata yang sebenarnya dekat dengan mereka, serta merasakan berbagai macam kuliner dan belajar sejarah. Ke depannya pemerintah akan meningkatkan piliha rute, dan perluasan trotoar pejalan kaki yang salah satunya akan dilakukan pada trotoar daerah Thamrin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA