Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Resep Kopi yang Praktis Dibuat Saat Camping

Jumat 11 Oct 2019 18:37 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Minum kopi saat berkemah (Ilustrasi)

Minum kopi saat berkemah (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Untuk membuatnya tidak memerlukan banyak peralatan, tapi rasanya tetap enak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi yang nikmat, dengan kualitas terbaik tak hanya dapat dinikmati di kafe mewah atau toko khusus kopi lainnya, atau bahkan di rumah sendiri, yang bisa dibuat dengan nyaman. Dilansir matadornetwork, Jumat (11/10), sebenarnya kopi seperti ini bahkan bisa dinikmati saat Anda berkemah.

Baca Juga

“Saat berkemah Anda bisa memiliki kemudahan membuat kopi, sama seperti yang Anda buat di rumah dengan nyaman. Tidak banyak modifikasi yang perlu dilakukan,” ujar Jackie Newman, wakil presiden World of Coffee, perusahaan pemanggangan biji kopi yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Tidak memerlukan banyak peralatan, ada beberapa cara terbaik untuk membuat secangkir kopi terbaik saat Anda berkemah.


AeroPress
Alat yang disebut dengan AeroPress ini cukup sederhana dan hasilnya dapat diyakini. Alat ini ringan, mudah dibawa, dan Anda cukup menggiling biji kopi atau menggunakan biji kopi pre-ground.

“Bagian tersulit membuat kopi dengan AeroPress saat kemah adalah hanya Anda harus menyalakan api untuk merebus air,” ujar Jordan Rosenacker, pendiri Atlas Coffee Club.

Menurut Asser Christensen, kunci untuk  kopi AeroPress yang baik adalah rasa segar. Tentunya, alat ini ringan dan tidak memerlukan tambahan apapun saat menyeduh kopi, jadi sangat tepat untuk dibawa saat berkemah atau bahkan bepergian lainnya.


Turkish coffee
Meski bukan metode tercepat, Turkish cofee menjadi pilihan untuk mendapatkan kopi yang nikmat saat berkemah. Turkish coffee memang tak dimaksudkan dapat membuat kopi secara instan dan setidaknya membutuhkan waktu selama 20 menit untuk mempersiapkannya.

“Tapi metode ini sangat ideal untuk berkemah karena menggunakan bara api dari api unggun malam sebelumnya,” ujar Sam Maizlech, pakar dari perusahaan produk olahraga ekstrim, Glacier Wellness.

Secara tradisional, Turkish coffee atau kopi Turki dibuat di atas bara panas yang telah dibakar untuk sementara waktu dan mulai berubah menjadi abu. Cukup letakkan teko kopi Turki di atas abu dan arang panas, jangan lupa untuk berhati-hati karena panci terpapar dengan bara yang panas.


Kopi instant
Tidak ada ahli kopi tunggal di luar sana yang menyarankan kopi instan tradisional, tetapi gaya kopi dengan reputasi terburuk sudah tidak seperti dulu. Menurut Jelynn Malone, salah satu pendiri Mostra Coffee, kopi instan saat ini memiliki rasa yang begitu nikmat dan dengan mudah dapat diminum hanya dengan menyeduhnya.

Kopi instan yang disebut sebagai new wave (gelombang baru) ini memiliki semua manfaat yang sama dengan kopi instan lainnya, yaitu mudah dibuat, nyaman untuk dikemas, peralatan minimal. Ada sejumlah perusahaan yang memproduksi kopi instan premium dengan kacang berkualitas dan ekstraksi yang kurang keras, diantaranya adalah Alpine Start, Swift Cup Coffee, Sudden Coffee, dan Mostra.


French press
Menggunakan French press adalah cara terbaik untuk mendapatkan secangkir kopi gourmet yang lezat di perkemahan. Ini adalah metode brewing yang relatif efisien, ditambah yang Anda butuhkan hanyalah menambah bubuk kopi kasar dan air panas.


Moka express pot
Moka Express adalah pilihan kecil dan ringan. Selama beberapa dekade orang-orang yang tak memiliki banyak ruang untuk membawa barang bawaan saat berkemah, namun sangat suka espresso, memiliki ini sebagai salah satu cara untuk membuat kopi yang begitu nikmat.

“Sebagai penyuka kopi, saya ingin merasakan secangkir kopi pagi saya sebaik yang ada di rumah,” ujar Shwna Newman, pendiri dan pemimpin redaksi Active Weekender.

Kekurangan Moka express pot adalah peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung kinerjanya. Alat ini tidak lebih ringan dibanding lainnya, bahkan Anda juga membutuhkan sumber panas, serta penggiling biji kopi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA