Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Cara Simpel Lawan Kecanduan Junk Food

Jumat 11 Oct 2019 05:37 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Junk food atau makanan tidak sehat. Ilustrasi

Junk food atau makanan tidak sehat. Ilustrasi

Foto: Greatist
Meski kandungan nutrisinya buruk, junk food tetap saja banyak peminatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski junk food memiliki nilai kalori rendah dan tidak baik untuk kesehatan, namun peminatnya tetap saja banyak. Aneka gorengan, ayam goreng, atau kentang goreng rasanya sayang untuk dilewatkan.

Lalu bagaimana cara melawan keinginan mengonsumsi junk food? Ahli nutrisi dr Leslie Korn mengungkap bahwa kismis dapat membantu melawan kecanduan junk food. Menurut dia, dengan mengonsumsi satu kismis setiap harinya maka bisa mengurangi hasrat untuk mengonsumsi junk food.

"Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus memakan kismis dengan sangat lambat. Setidaknya mengunyah selama lima menit atau kurang," kata Korn dilansir Times of India.

Dia menjelaskan, mengunyah kismis secara perlahan membantu seseorang fokus memahami kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan begitu, orang akan mampu menahan godaan junk food.

"Sama seperti mengendus minyak biji anggur dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Kismis atau anggur kering mengandung bahan kimia kuat yang memiliki kemampuan untuk mengekang keinginan Anda," kata dia.

Korn menjelaskan, kismis mengandung neurotransmitter yang dikenal sebagai GABA yang dapat menstabilkan nafsu makan. Kismis juga bisa menjadi camilan penurun berat badan yang baik karena kaya akan gula alami dan vitamin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA