Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Mana yang Lebih Dulu Dituang, Susu Atau Teh?

Kamis 10 Okt 2019 15:29 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Teh Susu (Ilustrasi)

Teh Susu (Ilustrasi)

Foto: Flickr
Hal ini menjadi perdebatan pencinta teh susu di Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum teh dengan susu merupakan salah satu budaya yang biasa dilakukan oleh masyarakat Inggris dan Australia. Namun, cara penyajian yang berbeda antara memasukkan susu terlebih dahulu, atau teh terlebih dahulu, telah menimbulkan perdebatan sengit di pengguna media sosial Australia.

Pertanyaan mengenai hal ini diajukan oleh organisasi konsumen Australia Choice kepada ribuan pengikutnya di Facebook. Jajak pendapat itu berjalan bersamaan dengan penelitian yang sedang dilakukan untuk menentukan teh dengan rasa terbaik.

''Sebelum kami mengumumkan hasilnya, mungkin Anda dapat membantu kami dengan masalah prosedur. Jika Anda menambahkan susu dalam teh Anda, apakah Anda memasukkannya terlebih dahulu (sebelum air panas) atau terakhir?" tanya posting Facebook tersebut, dilansir di Daily Mail, Kamis (10/10).

Hingga saat ini, lebih dari 3.000 suara telah diberikan, namun, tidak ada indikasi pada tahap ini mengenai pihak mana yang memimpin. Dalam komentar postingan tersebut, banyak yang menjelaskan cara-cara mereka menyajikan teh susu.

Mereka yang menambahkan susu terlebih dahulu mengatakan ini membuat rasa teh lebih kuat. "Susu dulu jadi kamu benar-benar bisa merasakan teh," kata salah satu netizen.

"Kamu selalu bisa menambahkan lebih banyak susu setelah teh. Kami diajari seperti ini dari keluarga, secara turun temurun," kata yang lain.

Banyak orang Australia di postingan tersebut mengatakan mereka lebih suka menambahkan susu di tahap terakhir. Namun, aturan sepenuhnya tergantung pada apakah mereka menggunakan kantong teh atau bubuk daun teh.

"Jadi, sebagian besar jika saya menggunakan kantong teh, susu harus diberikan terakhir, jika saya menggunakan daun teh, susu dimasukkan ke cangkir terlebih dahulu," tulis seorang.

Menurut ahli teh Sharyn Johnston, pendiri Australian Tea Masters, jenis teh serta bahan kantong teh mengontrol kualitas secangkir teh. Namun, dia mengatakan, teh berkualitas buruk akan menghasilkan secangkir teh berkualitas rendah, terlepas dari kantong tehnya. Jadi untuk hasil terbaik, gunakan varietas daun teh yang berkualitas tinggi.

Kantong teh berbentuk piramida adalah yang terbaik karena daunnya bisa mengembang. Teh harus direndam dalam jumlah waktu yang tepat untuk jenis teh dan gunakan suhu air yang benar.

Mengenai penambahan susu, kata Sharyn, susu harus selalu masuk terakhir, terlepas dari apakah itu dibuat dalam pot atau menggunakan kantong teh. Secara historis, susu dimasukkan ke dalam cangkir terlebih dahulu karena orang minum dari porselen yang mudah pecah karena panas. Susu yang ditambahkan pertama dapat mendinginkan teh dengan cepat dan ]menentukan seberapa kuat rasa teh.

"Dengan semua teh khusus yang luar biasa masuk ke pasar, kita tidak perlu menambahkan susu sama sekali," kata Sharyn.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA