Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Kopi Indonesia Pikat 'Negeri Para Dewa'

Kamis 10 Oct 2019 00:20 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Kopi Manggarai Flores dan kopi Lintong Sumatera menarik minat pengunjung Athena.

Ceknricek.com -- Kopi Manggarai Flores dan kopi Lintong Sumatera menarik minat pengunjung Athens Coffee Festival di Technopolis, Gazi Athena, Yunani. Sejak diselenggarakan pada 2016, inilah kali pertama Indonesia mengikuti festival tersebut.

Stan Indonesia menghadirkan dua jenis kopi single original. Yakni kopi Manggarai Flores yang dibawa Kamari Coffee, dan kopi Lintong Sumatera yang dibawa Bella Coffee. Kedua perusahaan ini memamerkan kedua jenis kopi asli Indonesia itu dalam berbagai varian.

''Kehadiran kopi Indonesia memberi warna tersendiri karena diproduksi secara organik dengan cita rasa tinggi yang berbeda dari masing-masing varian,'' kata Pelaksana Fungsi Penerangan KBRI Athena, Kristina Natalia, belum lama ini.

Festival diikuti oleh para produsen kopi dari Yunani dan berbagai negara. Heribert Aswin Muriadi dari Kamari Coffee mengatakan, kualitas cita rasa kopi ditentukan sejak proses di hulu saat masih di petani. Hal ini berbeda dengan konsep terdahulu dimana cita rasa kopi ditentukan di hilir saat menjadi roasted bean dan tangan barista. Dalam memproduksi kopi unggulan, Kamari Coffee memberikan perhatian, tidak hanya pada proses akhir, tapi sejak masa pembibitan.

Foto: Istimewa

Lina Suahriri dari Bella Coffee menambahkan, pihaknya mengutamakan kualitas sejak proses di hulu hingga di hilir. Konsep berbeda diterapkan dalam pengelolaan bisnis kopi dengan menyentuh nilai-nilai sosial, dimana pengelolaannya diprakarsai oleh Corporate Social Responsibilty (CSR) perusahaan di Sumatera Utara untuk membantu perekonomian masyarakat khususnya petani.

Selain menghadirkan berbagai ragam varian kopi, kedua perusahaan itu mempresentasikan keistimewaan kopi Indonesia serta prosesnya sejak dari pembibitan hingga proses roasting. Kegiatan dilanjutkan dengan proses cupping, menilai rasa dan aroma kopi dengan mencium dan menyesap kopi.

Foto: Istimewa

Panagiotis, salah seorang pengunjung mengatakan, kopi Indonesia khususnya kopi Manggarai dan kopi Lintong memiliki keunikan dengan cita rasa kuat.

Duta Besar RI untuk Yunani, Ferry Adamhar mengatakan, penikmat kopi di Negeri Para Dewa itu terus berkembang setiap tahun. Yunani yang hanya mengandalkan kopi impor dari negara lain, menjadi prospek bisnis kopi yang menjanjikan bagi Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

"Keikutsertaan pertama kali Indonesia di Athens Coffee Festival ini menjadi landasan promosi Indonesia sebagai negara produsen kopi," katanya.

Dubes Ferry Adamhar mengatakan strategi promosi bahwa Indonesia salah satu dari sepuluh produsen kopi terbesar dunia bisa mengembangkan penetrasi pasar melalui Yunani, masuk ke negara Eropa Barat, kawasan Balkan, Mediterania, bahkan ke Afika Utara.

  1. BACA JUGA: Cek SENI & BUDAYA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA