Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Penyebab Seseorang Terbangun dari Tidur pada Malam Hari

Rabu 09 Oct 2019 13:51 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Tidur (Ilustrasi)

Tidur (Ilustrasi)

Foto: Pixabay
Sering terbangun di malam hari membuat mood tidak baik untuk beraktivitas esok hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak jarang, banyak orang mengalami terbangun di tengah malam karena berbagai faktor. Hal ini pada akhirnya membuat istirahat mereka sangat terganggu.

Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS), diketahui bahwa 35 persen penduduk di negara itu mengalami bangun di tengah malam setidaknya tiga kali dalam sepekan. Tidur yang tidak nyenyak sepanjang malam dapat membuat mood yang tidak baik untuk keesokan harinya Anda beraktifivitas.

Dilansir Cnet, Rabu (9/10), ada beberapa penyebab Anda kerap terbangun di malam hari atau yang merupakan bentuk dari insomnia :


Ingin ke toilet
Kebanyakan, orang-orang terbangun sepanjang malam untuk buang air kecil.  Namun, jika setelah itu tetap ingin terjaga, maka ini jelas menganggu siklus tidur malam Anda. Karenanya, disarankan untuk mengurangi asupan cairan di malam hari. Jangan minum apapun dua jam sebelum tidur.


Sleep Apnea
Sleep apnea merupakan gangguan serius pada pernapasan yang terjadi saat tidur, di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Ketika tidur, otot-otot tenggorokan dapat mengendur dan lemas.

Karena itu, sleep apena bukanlah hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja jika Anda mengalaminya. Tak hanya menyebabkan tidur malam hari Anda terganggu, sejumlah masalah kesehatan lainnya akibat kurang tidur secara jangka panjang juga akan menghampiri.

Berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan perawatan keseharan yang terbaik. kemungkinan tenaga medis menyarankan Anda menggunakan alat berupa mesin pernapasan, hingga melakukan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan.


Ponsel sebelum tidur
Seringkali, orang-orang ingin bersantai menggunakan ponsel mereka dan waktu untuk itu hanya didapatkan sebelum tidur. Empat dari lima remaja mengatakan mereka tidur dengan ponsel di kamar dan banyak orang dewasa juga melakukannya. Banyak orang bahkan mengakui memeriksa perangkat seluler saat mereka sudah tertidur.

Hal itu diakibatkan oleh cahaya biru buatan yang dipancarkan dari layar ponsel atau perangkat serupa lainnya, menunda ritme sirkadian Anda dan menekan melatonin, bahan kimia alami yang memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur. Ketika Anda menatap ponsel Anda tepat sebelum tidur, itu menyebabkan tubuh ingin bangun dan menjadi lebih waspada.

Meski tidak mudah, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel atau komputer sebelum tidur. Dua jam sebelum waktu istirahat di malah hari tiba, singkirkan semua gadget dan lakukan aktivitas santai seperti membaca.


Baca Juga

Mulas
Salah satu masalah yang buruk adalah 14-20 persen orang Amerika mengalami mulas setidaknya seminggu sekali dan 70 hingga 75 persen dari mereka mengalaminya di malam hari. Mulas atau gangguan perut ini dapat membuat Anda terbangun di malam hari, dengan rasa tidak nyaman seperi sensasi terbakar, hingga akhirnya sulit untuk tertidur kembali.

Pada umumya, mulas disebabkan karena konsumsi makanan pedas, cokelat, jeruk dan alkohol. Jika Anda tidak dapat mengetahu penyebab gangguan pencernaan Anda, cobalah membuat jurnal makanan bersama dengan mencatat gejala Anda.

Dari sana, Anda dapat menghilangkan makanan yang diduga menjadi penyebab mulas. Kemudian, coba untuk menghindarinya sesering mungkin dan hal ini dapat membuat Anda merasa nyaman saat terbangun di pagi hari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA