Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Aneka Kacang yang Diklaim Paling Sehat

Rabu 09 Oct 2019 12:42 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

Kacang Mete (Ilustrasi)

Kacang Mete (Ilustrasi)

Foto: Peakpx
Semua kacang memang sehat, tapi ada yang paling sehat di antara yang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang menjadi kudapan favorit untuk mayoritas orang. Hal tersebut dikarenakan tekstur yang renyah, mudah dibawa kemana-mana, rasa unik dan bisa dipadupadankan dengan coklat atau lainnya.

Namun nyatanya, ketika membicarakan tentang nutrisi atau kandungan dalam kacang tersebut, tidak semua kacang sama. Berbicara dengan ahli gizi, Malena Perdomo tentang manfaat sehat dari kacang-kacangan, ada beberapa kacang yang harus didahulukan.

Berdasarkan data dan fakta yang ada, semua kacang bisa dikatakan sehat. Pasalnya, kacang dikemas alami dengan lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda). Selain itu menurut dia, ada banyak vitamin dan mineral juga dalam kacang-kacangan tersebut, seperti asam folat, vitamin E, vitamin B6 dan kandungan mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, seng, selenium, dan fosfor.

"Sebagai ahli gizi, saya sarankan mengemil kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat penuh dari semua nutrisinya," Kata Malena dilansir dari Health, Rabu (9/10).

Meskipun dia menekankan semua kacang itu baik, namun lebih lanjut dia menuturkan bahwa ada beberapa jenis kacang-kacangan yang paling baik untuk kesehatan.

Almond
Di urutan pertama ada Kacang almond, di mana kacang tersebut mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Bahkan memiliki jumlah serat makanan yang lebih tinggi daripada kacang lainnya dengan empat gram per porsi untuk satu ons (sekitar 23 almond).  Kacang almond juga memiliki vitamin E dan protein paling banyak dari semua kacang pohon, di mana memiliki enam gram protein per sajian.  Kombinasi serat, lemak baik, dan protein ini terbukti mampu memberi efek kenyang lebih lama. Dan dari fakta tersebut, almond terbukti mampu mengurangi peradangan pada diabetes tipe dua.

Baca Juga

Pistacio
Di urutan kedua, pistacio memiliki kandungan kalium tertinggi (sekitar 291 miligram) per ons dibanding kacang lainnya, selain dari vitamin B6 nya juga yang tertinggi. Kacang yang biasa disebut Pistachio ini juga merupakan salah satu kacang dengan serat tertinggi. Alhasil, kacang ini mampu menghindari risiko penyakit jantung, termasuk berat badan berlebihan dan status oksidatif.


Kenari
Ketiga, Kacang kenari menjadi sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Kacang ini juga terbukti juga bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol dan tekanan darah tubuh. Selain itu, kenari dapat melawan peradangan. 


Mete
Satu ons kacang mete yang biasanya berjumlah sekitar 18 kacang, memiliki kandungan lima gram protein.  Kacang mete memiliki jumlah zat besi dan seng tertinggi per ons dari semua kacang-kacangan. Dari kedua kandungan itu, nyatanya sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Kacang ini juga berfungsi sebagai sumber tembaga dan magnesium yang sangat baik.

Hazel
Kacang Hazel atau biasa dikenal dengan Hazelnut, memiliki empat gram protein per ons (sekitar 20 kacang) dan merupakan sumber vitamin E yang sangat baik. Dibandingkan dengan kacang pohon lainnya, kacang ini mengandung folat tertinggi, yaitu nutrisi yang sangat penting untuk kehamilan.

Macadamia
Di urutan kelima,  kacang Macadania menjadi yang tertinggi dalam urusan kalori dan lemak, di mana satu ons kacang macadamia menghasilkan 200 kalori, atau hitungan dari 10 hingga 12 kacang. Oleh karena itu, kacang Ini adalah kacang dengan lemak tak jenuh tunggal tertinggi dari semua kacang. Kacang Macadamia juga dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk stres oksidatif dan peradangan.

 

Pikan
Urutan selanjutnya adalah kacang pikan, di mana satu ons kacang ini yang berjumlah sekitar 20 biji, dengan kandungan sekitar 196 kalori dan jumlah serat makanan yang baik (2,7 gram). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang pecan/pikan dapat menurunkan kolesterol LDL buruk pada orang dengan kadar kolesterol normal.

Pinus
Diakhir, kacang pinus nyatanya menjadi sumber bagi vitamin E dan fosfor yang baik, selain dari vitamin K yang tinggi. Namun, satu ons kacang pinus memiliki jumlah yang cukup banyak, sekitar 167 kacang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA