Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Siap-Siap Kehilangan, Pepsi Angkat Kaki dari Indonesia. Ini Ulasannya!

Selasa 08 Oct 2019 16:43 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Penggemar Pepsi sepertinya harus merelakan kepergiannya dari Indonesia.

Siapa sih yang nggak mengenal Pepsi? Pepsi merupakan salah satu minuman bersoda yang sangat disukai banyak orang, khususnya orang Indonesia. Apalagi kalau kita hendak makan di berbagai restoran cepat saji seperti KFC, Pizza dan sebagainya, pasti minuman yang paling banyak dipilih adalah Pepsi.

Tapi sepertinya, penggemar Pepsi di Indonesia harus siap-siap kehilangan minuman soda yang satu ini karena Pepsi akan angkat kaki atau pergi dari Indonesia.

Kabar tersebut memang membuat tak sedikit orang yang bertanya-tanya apa alasan yang menyebabkan Pepsi tak lagi edar di Indonesia. Kemudian, apakah ada minuman bersoda lainnya yang rasanya nikmat seperti Pepsi?

Agar rasa penasaran hilang, simak ulasannya berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

 

Habis Kontrak, Alasan Pepsi Angkat Kaki dari Indonesia

pepsi
Pepsi angkat kaki dari Indonesia

Adapun alasan kuat yang menyebabkan Pepsi tak lagi di Indonesia, yaitu masa kontrak atau kerjasama antara perusahaan Pepsi dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) telah habis. Kabarnya, habis kontrak tersebut mulai efektif pada 10 Oktober 2019. Artinya perusahaan tidak ada lagi produksi Pepsi, penjualan hingga pendistribusian.

Dilansir dari Kompas.com, Gideon A Putro, Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) menjelaskan, berakhirnya kerjasama dengan PepsiCo karena alasan komersial, yakni berakhirnya perjanjian Exclusive Bottling Agreement (EBA) yang berlaku untuk jangka waktu 5 tahun pada 2019.

Restoran ‘Fast FoodMulai Habiskan Stok Pepsi

kfc
Restoran cepat saji, KFC

Pihak AIBM dan PepsiCo telah memberitahukan kabar habisnya kontrak ini kepada seluruh konsumennya, terutama seluruh restoran fast food seperti PT Fast Food Indonesia Tbk (KFC), Pizza Hut.

Alhasil, ini membuat para restoran cepat saji sudah mulai menghabiskan stok minuman soda dari PepsiCo. Ini mereka lakukan dari beberapa hari belakangan ini, sebelum nantinya mengatur strategi kembali untuk mengganti minuman soda dengan merek lain.

Baca Juga: Yeay, Penunggak Pajak di DKI dapat Diskon 25% - 50%!

Pepsi Tinggalkan Fakta Menarik

pepsi
Fakta menarik dari Pepsi

Meski hanya berjalan 6 tahun lamanya di Indonesia, tapi Pepsi memiliki fakta menarik yang tak bisa dilupakan, di antaranya:

1. Perusahaan Joint Venture

Pepsi merupakan hasil dari joint-venture antar PepsiCo Amerika Serikat dengan Indofood CBP Sukses Makmur Indonesia pada 2013. Lalu, Pepsi diproduksi oleh PT Pepsi-Cola Indobeverages dengan pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat. Setelah siap pengemasannya, Pepsi didistribusikan oleh PT Indofood Asahi Sukses Beverage.

2. Ahli Farmasi yang Membuat Pepsi

Jika pada umumnya pencipta makanan atau minuman diracik oleh juru masak yang profesional, tapi tidak dengan Pepsi. Perancang minuman soda ini bukannya seorang juru masak, melainkan seseorang yang sangat ahli di bidang Farmasi, Caleb Bradham.

Racikan yang dibuatnya juga menggunakan bahan-bahan yang tak asing, yaitu campuran bahan dari gula, karamel, minyak lemon, pala dan ada beberapa bahan alami lainnya.

Karena ia sendiri yang menciptakan, awalnya minuman tersebut dinamai sesuai dengan namanya, yaitu ‘Brad’s Drink’. Tapi beberapa waktu diganti menjadi ‘Pepsi Cola’ dan berakhir menjadi ‘Pepsi’ hingga sekarang ini.

Brad beralasan Pepsi berasal dari kata 'dyspepsia' atau gangguan pencernaan. Artinya, Brad ingin minuman tersebut tak hanya memberikan kesegaran saja, tapi juga sehat yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan karena bahan-bahan alami yang digunakanannya.

3. Punya Banyak Jenis Soda

Pastinya, banyak orang yang tahu kalau PepsiCo hanya mengeluarkan minuman soda Pepsi saja. Ya, memang awalnya hanya satu produk minuman soda saja, yaitu Pepsi.

Tapi demi memenuhi kebutuhan konsumen dan juga dapat menarik perhatian konsumen, akhirnya PepsiCo menjual ragam jenis minuman soda. Bahkan ada dua jenis yang beredar di pasaran, yaitu ada yang minuman soda dengan kadar gula dan tanpa gula.

Minuman soda dengan gula sendiri, terdiri dari  Pepsi, Pepsi Blue, Pepsi Fire, Pepsi Natural, Pepsi Gold, Pepsi Lime Mirinda, dan 7UP. Sementara yang tanpa gula, ada Pepsi Next, Pepsi Max, Diet Pepsi, Diet Pepsi Lime, dan sebagainya.

Baca Juga: Ingat! Ini lho, Pajak yang Harus Dibayar buat Para Jastip

Ada Minuman Soda Lainnya Pengganti Pepsi

cocacola
Coca cola

Penikmat minuman Pepsi tak usah bersedih akan kepergian Pepsi dari Indonesia. Sebab masih banyak minuman soda lainnya yang rasanya tak kalah dengan Pepsi, bahkan beberapa di antaranya adalah produk lokal. Berikut daftar minuman sodanya:

  1. Fanta
  2. Coca Cola
  3. Sprite
  4. Root Beer
  5. Fayrouz
  6. J&W Sparkling Cocktail
  7. Polaris Coffe Cream
  8. Lotte Milkis
  9. DietCoke
  10. Badak
  11. Limun Oriental Cap Nyonya
  12. Coffee Beer
  13. Limun Linggardjati
  14. Indo Saparella

Tetap Perhatikan Kesehatan

Minuman soda menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang khususnya anak muda. Selain bikin segar, minuman soda memiliki rasa manis yang memang bikin ketagihan.

Namun, tetaplah kamu perlu memperhatikan kesehatan, sebab terlalu banyak minum soda juga tak baik karena bisa merusak organ tubuh. Sebaiknya batasi minuman soda dalam sehari-hari, misal hanya seminggu sekali, tidak diminum pada malam hari dan sebagainya.

Baca Juga: Franchise Minuman dengan Modal Kecil yang Bisa Dicoba untuk Usaha Pertama Anda

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA