Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Bakmi Halal dan Lezat Rekomendasi Tirta Lie

Senin 07 Oct 2019 09:35 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Tirta Lie saat meluncurkan bukunya yang berjudul ‘100 Bakmi Terlezat di Jakarta’ di acara Festival Mie di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10).

Tirta Lie saat meluncurkan bukunya yang berjudul ‘100 Bakmi Terlezat di Jakarta’ di acara Festival Mie di Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10).

Foto: Republika/Umi Soliha
Tirta Lie baru saja merilis buku rekomendasi makan bakmi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pecinta mi, nama Tirta Lie bukan nama yang asing lagi. Tirta Lie adalah seorang pakar dalam perkulineran bakmi yang telah merasakan berbagai jenis mi hampir di seluruh Jakarta.

Untuk mempermudah masyarakat menikmati mi di Jakarta, belum lama ini ia menerbitkan buku yang berjudul ‘100 Bakmi Terlezat di Jakarta’. Di dalamnya ia membahas beberapa bakmi legendaris dan 100 tempat makan bakmi yang menurutnya enak.

“Buku ini dibuat bukan untuk merangking ya, namun berisi lokasi–lokasi bakmi yang legendaris dan lokasi–lokasi bakmie enak menurut saya,” ujar Tirta Lie di acara Festival Mie di Parkir Premium Gandaria City Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (5/10).

Sebelum Anda memutuskan untuk menjelajahi tempat–tempat bakmi di Jakarta, ada baiknya Anda menyimak 10 tempat bakmi halal dan enak yang direkomdasikan langsung oleh Tirta Lie berikut ini.

Mi Brebet
Mi Brebet berlokasi di Gang Lamceng, Jalan Perniagaan, sebuah gang menuju Wihara Kwan Tee Bio, Jakarta Barat. Menurut Tirta meskipun tampilan mi ini sederhana namun rasanya sangat istimewa. Mi ini juga sangat cocok untuk vegetarian karena tidak memakai tulang dan daging.

Menurutnya bakmi ini memiliki kuah yang ringan namun sarat bumbu. Satu porsi Mi Brebet dibanderol dengan harga Rp 15 ribu.

Bakmi Mipolo
Pada tahun 2018 bakmi ini adalah satu-satunya bakmi halal yang ia beri penghargaan bintang lima. Mi favoritnya di tempat ini adalah  mi pedasnya, menurutnya bumbu pedas, kenyalnya mi dan sedikit aroma cakalang membuat mi sangat lezat saat disantap.

Mi ini berada di The Food Halll Lantai G, Mall Kelapa Gading 3, Jalan Bulevar Kelapang Gading Blok M, Jakarta Utara. Seporsi bakmi dihargai Rp 35 ribu–Rp 40 ribu.

Fubar Lamian & Shakao
Mi yang ia rekomendasikan di tempat ini adalah Mi Iga Sapi Pedas. Menariknya pembuatan  mi di tempat ini dengan menarik dan melipat untuk menghasilkan helaian bakmi.

Fubar Lamian & Shakao berlokasi di Gedung Candra Naya, Jalan Gajah Mada no. 188, Jakarta Barat. Beroperasi pukul 11.00 – 23.00 WIB dan dengan harga kurang lebih Rp 150 ribu, Anda bisa mendapatkan hidangan untuk dua orang.

Nudles
Tempat ini berada di Mal Emporium Pluit lantai 4, Jalan Pluit Kencana No 7, Jakarta Utara. Makanan yang ia rekomendasikan di sini adalah VIP (Very Important Prawn). Mi ini disuguhkan dengan siraman kuah asam manis kental serupa kuah Singapore Chilli Crab.

Selain itu tempat ini menurutnya sangat Instagramable. Mi di sini dibanderol dengan harga Rp 58 ribu–Rp 125 ribu.

Untuk mengetui lebih banyak tempat–tempat yang direkomendasikan oleh Tirta Lie, Anda bisa membaca buku ‘100 Bakmi Terlezat di Jakarta’. Buku ini sudah tersedia di Gramedia seluruh Indonesia.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA