Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Buah Papaken: Mirip Durian, Tapi Bukan Durian

Ahad 06 Okt 2019 01:21 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Foto: pesona.travel

Foto: pesona.travel

Buah Papaken tidak berbau, tidak seperti buah durian yang baunya menyengat.

Ceknricek.com -- Berlibur ke Kalimantan rasanya kurang puas jika tidak mencicipi buah Papaken atau Ruas yang dikenal memiliki kemiripan dengan durian. Baik bentuk buah, pohon dan daunnya memang sama. Namun, di balik buahnya yang memiliki kesamaan, tetap ada yang berbeda dengan buah durian pada umumnya, yaitu dari segi aroma.

Bau durian memang sangat menyengat sehingga ada sebagian orang yang menyukai dan sebagian lain tidak menyukainya. Kebalikannya, buah Papaken tidak berbau sehingga sangat pas untuk anda yang memiliki indera penciuman sensitif tapi ingin mencicipi buah alternatif yang berkeluarga dekat dengan durian ini.

Pemerintah kini makin menggencarkan olahan lokal untuk memenuhi pangsa pasar. Olahan buah Papaken kini tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk buah segar saja, tetapi juga diolah menjadi keripik yang bisa kita bawa pulang ke rumah sebagai oleh-oleh khas Kalimantan yang kriuk dan gurih.

Buah Lezat dan Kaya Nutrisi
Buah yang lebih dikenal dengan nama buah Lai ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C, vitamin B, serat, dan kalium yang terdapat di dalamnya sangat berguna dalam proses metabolisme dalam tubuh.

Beberapa manfaat yang didapat dari mengonsumsi buah Lai yaitu menjaga kesehatan kulit, peningkatan produktivitas kerja dan vitalitas, meningkatkan nafsu makan, pengurangan risiko anemia, dan masih banyak lagi.

Pengembangan buah Lai kini tidak hanya dijadikan sebagai buah fresh siap santap. Apabila kamu berjalan-jalan ke Kalimantan. Banyak penjual di toko oleh-oleh mulai mengembangkan bisnis keripik buah Papaken dengan metode penggorengan menggunakan mesin.

Dengan begini, kita bisa menikmati sajian buah ini dalam waktu lama dan di mana pun. Buah Lai sendiri memiliki kualitas baik dalam ketahanan buah sehingga tidak cepat membusuk.

Kearifan lokal buah Papaken dari Kalimantan ini memang memiliki potensi yang sangat bagus di pasaran lokal maupun luar negeri. Hal ini sangat baik untuk peningkatan omzet pendapatan daerah baik pelaku bisnis rumah tangga maupun industri besar masyarakat.

BACA JUGA: Cek BREAKING NEWS, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA