Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

4 Tips buat Kamu yang Suka Wisata Kuliner

Sabtu 12 Oct 2019 22:14 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Seorang pramusaji menyajikan kue Ganjel Rel khas Semarang di Toko Oen yang menjadi salah satu ikon wisata kuliner di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Seorang pramusaji menyajikan kue Ganjel Rel khas Semarang di Toko Oen yang menjadi salah satu ikon wisata kuliner di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Foto: Antara/Aji Styawan
Hobi wisata kuliner ke banyak tempat? Perhatikan 4 tips ini.

Berwisata sekaligus menikmati kuliner lezat merupakan dua aktifitas yang sangat disukai banyak orang. Saat bepergian ke tempat yang baru kebanyakan orang ingin sekaligus menikmati kuliner lokal di tempat yang dikunjunginya, barangkali kamu juga sering melakukan hal yang sama. 

Hal ini bahkan akan semakin menyenangkan, jika ternyata kamu termasuk orang yang senang berwisata ke berbagai destinasi yang jauh dari tempat tinggalmu. Budaya yang terdapat di sebuah daerah memang mempengaruhi berbagai jenis kuliner yang terdapat di sana, inilah salah satu alasan mengapa wisata kuliner selalu menjadi hal yang menyenangkan. 

Datangi tempat yang baru dan menemukan berbagai jenis kuliner yang juga baru di tempat yang kamu kunjungi, tentunya yang dibuat dengan cara dan rasa yang khas dengan wilayah tersebut. 

Semua ini akan membuat perjalananmu menjadi lebih seru dan berbeda dari yang lainnya. Namun untuk menikmati perjalanan kuliner yang seru dan menyenangkan, pastikan memiliki cara yang tepat untuk melakukan aktifitas seru yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa tips terbaik yang bisa dilakukan untuk menikmati wisata kuliner seru dan menyenangkan:

 

1. Susun Rencana dan Anggaran Perjalanan

menyusun anggaran

Ke mana kamu akan berwisata dan berapa lama akan melakukannya? Kedua pertanyaan ini menjadi hal pertama yang wajib dijawab dengan baik. Penting untuk menyusun rencana perjalanan yang detail, termasuk memilih moda transportasi yang tepat untuk perjalananmu nanti. Buatlah rencana perjalanan yang tepat dan menyenangkan, sehingga wisata yang kamu lakukan nanti bisa memberikan manfaat maksimal.

Jangan lupa untuk menyusun anggaran perjalanan ini, sehingga bisa menyiapkan dana yang cukup sebelum berangkat. Aturlah pengeluaranmu dengan baik, dimulai dari pembelian tiket dan juga biaya hotel yang akan kamu butuhkan selama berlibur nanti. 

Hitung semua biaya yang akan kamu butuhkan secara detail dan pastikan menyiapkan dana ini dengan baik sebelum keberangkatanmu nanti. Bagaimanapun juga, kamu tentu tidak ingin kehabisan uang dalam perjalanan wisata kulinermu nanti, bukan?

Baca Juga: 10 Festival Budaya RI yang Sudah Mendunia dan Selalu Bikin Kangen Liburan 

2. Riset dan Atur Daftar Kuliner yang akan Dinikmati 

riset dan atur daftar

Jangan mengunjungi satu wilayah tanpa mengetahui dengan jelas apa saja yang bisa kamu temukan di sana, sebab hal ini akan merugikan dirimu sendiri. Perjalanan wisata yang menyenangkan haruslah direncanakan dengan matang, termasuk pengaturan jadwalnya secara detail. 

Jika ingin menikmati wisata kuliner, maka pastikan kamu memahami dengan baik apa saja kuliner yang bisa ditemukan di wilayah yang akan dikunjungi nanti.

Lakukan riset awal untuk perjalananmu ini, di mana kamu mengenal berbagai jenis kuliner yang bisa ditemukan nanti. Selain itu, pilih juga kuliner apa saja yang akan kamu nikmati selama berwisata nanti. 

Cari tahu juga tentang harga dan tempat terbaik untuk menikmati masing-masing kuliner tersebut, sehingga bisa mendatanginya dengan lebih mudah dan cepat. Riset seperti ini akan mempermudah kamu mengatur jadwal perjalanan, termasuk budget untuk perjalanan ini.

3. Nikmati Perjalanan dan Pelajari Budaya Lokal

pelajari budaya lokal

Meski kamu melakukan wisata kuliner, namun jangan hanya fokus pada aktifitas makan-makan saja selama perjalananmu nanti. Kamu perlu menikmati liburanmu dengan berbagai aktifitas seru yang menyenangkan, termasuk dengan mempelajari budaya lokal di tempat-tempat yang kamu kunjungi nanti. Hal ini bisa Dilakukan dengan banyak cara, bahkan melalui beragam kuliner yang dinikmati di sana. 

Di tempat-tempat makan biasanya kamu akan bertemu dengan banyak orang dan bisa berinteraksi secara langsung dengan mereka sembari menikmati kuliner lezat yang disajikan di sana. Kamu juga bisa mencari tahu asal usul beragam kuliner yang dinikmati selama perjalanan, termasuk perkembangannya hingga menjadi seperti sekarang ini. 

4. Berinteraksi dengan Masyarakat Lokal

makan dengan lokal

Berjalan-jalan santai sambil mencari kuliner lokal, kamu juga akan memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan di daerah yang dikunjungi. Kamu bisa menyalurkan hobi fotografimu dengan leluasa, termasuk berinteraksi dengan masyarakat di sana. Ini akan menyenangkan dan membuatmu bersemangat. 

Bukan hanya mengikuti rencana perjalanan yang sudah disusun saja, namun juga bisa membuat rencana dadakan di tempat yang kamu kunjungi nanti. Tidak perlu takut, selama bepergian dan berinteraksi dengan sopan kepada orang-orang di sana, maka kamu tentu akan diterima dengan senang hati oleh mereka.

Baca Juga: 10 Restauran Mewah di Jakarta Ini Bisa Bikin Dompet Kamu Jebol sebelum Akhir Bulan 

Nikmati Wisata Kuliner yang Seru dan Menyenangkan

Berwisata sambil menikmati kuliner lezat menjadi aktifitas yang diinginkan semua orang. Pastikan untuk merencanakan dan menyiapkan perjalananmu dengan baik sejak awal, sehingga segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar. Nikmati wisata kuliner yang seru dan menyenangkan di dalam setiap perjalanan yang dilakukan.

Baca Juga: Instagramable dan Enak Buat Nongkrong, Ini Dia 15 Cafe Paling Unik di Jakarta

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA