Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Menelusuri Keindahan Jalan Braga

Jumat 04 Oct 2019 01:25 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Sumber: Instagram @sutoponagasaboy

Sumber: Instagram @sutoponagasaboy

Gaya arsitektur Eropanya membuat kawasan Braga mirip suasana di Eropa.

Ceknricek.com -- Jalan Braga merupakan salah satu nama jalan di Kota Bandung yang sangat terkenal. Kawasan konservasi budaya ini tergolong istimewa, karena berjejer bangunan klasik di sepanjang jalan.

Memiliki gaya arsitektur Eropa membuat kawasan Braga mirip suasana di Eropa. Sepanjang jalan dipenuhi berbagai tempat belanja dan tempat hiburan.

Pada masanya, Braga terkenal di seluruh Hindia-Belanda. Kawasan yang dulu disebut Bragaweg ini menjadi tempat bersosialisasi masyarakat elite, baik dari kalangan pribumi maupun bangsa asing seperti Belanda, Cina.

Pada tahun 1920-1930, daerah elite ini menjadi pusat menjual barang mewah dan berkelas. Saat itu wali kota Bandung, B. Coops, hanya menginginkan Braga menjadi pusat perbelanjaan elite yang bergaya Eropa.

Keindahan jalan ini menjadikannya sebagai pusat pemerintahan, kesenian, hiburan, ekonomi, dan intelektual pada saat itu. Arsitektur bangunan, perkantoran, tempat hiburan, hingga menu makanan disesuaikan dengan budaya Eropa.

Jejak itu masih terlihat hingga saat ini. Kita dapat menjumpai banyak bangunan kuno yang indah di sepanjang jalan ini. Selain itu, berbagai toko ada yang masih menjual barang mewah berkualitas. Terdapat  juga tempat hiburan yang masih ramai, seperti pub, mall, tempat makan, hingga galeri lukisan di sepanjang kawasan elite ini.

Keindahan Jalan Braga di Bandung
Dengan keindahan dan catatan historis yang dimilikinya, kawasan Braga masih menjadi pusat tujuan wisata di Bandung hingga saat ini. Beberapa toko memiliki corak dan tata kota yang sama dengan zaman Belanda. Sebut saja misalnya Museum Konferensi Asia Afrika, Gedung De Vries, De Majestic, Landmark Convention Hall, dan gedung bercorak Eropa lainnya.

Ada juga pertokoan dan kantor di Braga, seperti Gedung Dekranasda Jawa Barat, Toko Sarinah, Apotek Kimia Farma, Kantor Bank Jabar Banten, Lembaga Kantor Berita Nasional Antara, dan Toko Roti Sumber Hidangan.

Beberapa tempat wisata yang bisa juga tersedia. Selain Museum Asia Afrika, ada juga Braga City Walk, Enoss Travelers Tour Bandung. Salah satu toko yang banyak dikunjungi adalah Sin Sin Art Shop, yang menyediakan aneka cendera mata berkualitas. Anda tertarik?

BACA JUGA: Cek BIOGRAFI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA