Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Terinspirasi Keindahan Lombok, Denny Keluarkan Pringgasela

Rabu 02 Oct 2019 12:24 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: dokceknricek

Foto: dokceknricek

Pringgasela adalah desa di Lombok Timur dimana masyarakat hidup selaras dengan alam.

Ceknricek.com -- Desainer Denny Wirawan mengeluarkan koleksi terbarunya Spring Summer 2019/2020. Karyanya yang diberi nama Pringgasela itu terinspirasi dari ketenangan dan keindahan alam di Lombok Timur. 

Pringgasela adalah nama sebuah desa di Lombok Timur dimana masyarakatnya hidup selaras dengan alam, serta masih menjaga warisan budaya leluhur mereka berupa Wastra Tenun Sumba.

Salah satu jenis tenun Sumba yang diangkat ialah tenun Sundawa. Kebanyakan motif wastra ini berbentuk garis lurus yang terinspirasi dari sungai yang banyak terdapat di Lombok Timur. 

Tenun yang berasal dari desa Pringgasela ini juga telah ditetapkan oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada 2018, dengan domain budaya Kemahiran dan Kerajinan Tradisional.

Foto: dokceknricek

Tenun Sundawa selalu menggunakan warna dari alam, seperti dari dedaunan atau kayu-kayuan. Para pengrajin tenun menggunakan daun nila yang menghasilkan pasta indigo untuk warna biru muda, ada juga kayu sejaraman yang menghasilkan warna cokelat muda atau krem, serta untuk menghasilkan warna hijau muda didapatkan dari daun dan bunga putri malu. 

Baca Juga: Keistimewaan Batik Madura Dengan Keunikan Motif yang Beragam

Warna-warni benang yang dihasilkan dari pewarna alam ini tidak mencolok, sehingga menghasilkan kain tenun dengan warna pastel yang lembut, elegan, dan menawan.

Foto: dokceknricek

“Selain karena memang menggunakan tenun Sundawa dari Desa Pringgasela, saya ingin koleksi saya kali ini menjadi sesuatu yang bermakna serta memberi manfaat bagi setiap ruang pribadi, baik itu pemakainya maupun untuk masyarakat di Lombok Timur, khususnya di Desa Pringgasela,” papar Denny Wirawan dari keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (27/9).

Menurut dia, ini merupakan langkah awal untuk mengenalkan tenun Sundawa kepada para pecinta mode dan mengembangkannya dengan sentuhan modern tanpa meninggalkan motif tradisi yang menjadi identitasnya.

Foto: dokceknricek

Denny membuat koleksi terbarunya dengan sentuhan kain tenun Sudawa sebanyak 45 tampilan dengan desain beragam. Karya-karyanya memberikan tampilan gaya etnik modern, fresh dan edgy dipadu dengan embroidery yang menjadi inspirasi busana cocktail dan evening wear

Seluruh koleksinya juga menampilkan permainan tabrak corak khas Denny Wirawan dan menggunakan pakaian bertumpuk (layering) dan semuanya bisa dipadankan.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA