Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Keunikan Batik Madura Meriahkan Hari Batik Nasional

Selasa 01 Okt 2019 00:28 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Perajin mengerjakan pembuatan batik khas Madura di Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Jumat (31/5). (Republika/Aditya Pradana Putra)

Perajin mengerjakan pembuatan batik khas Madura di Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur, Jumat (31/5). (Republika/Aditya Pradana Putra)

Batik Madura menggambarkan kebebasan masyarakat berekspresi dengan ciri pesisiran.

Ceknricek.com -- Batik Madura memiliki sejarah serta keunikan motif tersendiri. Eksotika Batik Madura ini menjadi tema besar Pesona Batik Wastra Nusantara 2019.

''Kombinasi warna dan motif menjadi ciri khas batik Madura yang menjadikannya unik dan berbeda dengan batik dari daerah lainnya,'' ujar Siti Maimunah, pengrajin batik saat ditemui dalam acara Pesona Batik Wastra Nusantara 2019.

Batik Madura menggambarkan kebebasan masyarakat berekspresi dengan ciri pesisiran yang tampak pada motif unsur laut seperti sisik ikan, kerang, atau sulur rumput laut. Batik Madura dikenal dengan warna-warna yang berani dan tegas, seperti merah, kuning, hijau hingga biru.

Siti menambahkan, kombinasi antara warna dan motif Batik Madura bisa digunakan untuk sehari-hari. Bahkan, batik Madura bisa diterima di kalangan anak muda dalam gaya berpakaian mereka dengan memadukan batik, jeans, dan sneakers.

''Sekarang eranya kan zaman milenial, batik Madura bisa dikenakan setiap hari,'' katanya. ''Sudah nggak pakai jarik, sekarang pakai kain diikat saja udah bisa dipakai anak-anak muda pakai jeans, atasannya batik dan sneakers,'' ucapnya.

Salah satu batik legendaris Madura adalah Batik Gentongan. Batik ini hanya dibuat di daerah Tanjung Bumi, Bangkalan. Keistimewaan batik ini warnanya makin lama makin cerah. Motifnya lebih banyak klasik seperti carcena, sisik malaya, sisik amparan atau sekoh.

Batik Gentongan memiliki daya pikat tersendiri, antara lain pada pewarnaannya yang tajam atau lebih dikenal dengan istilah ngejreng. Dalam selembar kain, misalnya, bisa muncul warna kontras yang tidak mungkin ditemukan pada kain batik pedalaman ataupun pesisiran di Jawa.

Keistimewaan batik Madura kini dipertontonkan dalam Pesona Batik Wastra Nusantara di MKG, Summarecon Mall Kelapa Gading (MKG), 25 September hingga 6 Oktober mendatang. Acara ini diselenggarakan untuk menyambut Hari Batik Nasional yang yang jatuh pada 2 Oktober 2019.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA