Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Cara Sukses Meniti Karier Ala BJ Habibie

Ahad 13 Okt 2019 00:47 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

BJ Habibie, banyak orang mengaguminya.

cermati.com /q_70/y3yifcdwnjbjnth27gc8" alt=" habibie ">bj habibie " />
Ilustrasi B.J. Habibie

Cermati.com – Duka mendalam dirasakan masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Sebab sang cendekiawan cerdas bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Bachrudin Jusuf Habibie (B.J. Habibie), telah berpulang pada 11 September 2019 di usia 83 tahun.

Kisah hidupnya, mulai dari kiprahnya di dunia kedirgantaraan hingga kisah cintanya menyedot perhatian khalayak. Tak heran bila banyak orang mendambakan dan mengidolakan sosoknya.

Kini, sosok Presiden ke-3 RI ini hanya bisa dikenang. Dan tentunya yang tak pernah akan hilang adalah semangatnya di dunia teknologi hingga mencapai puncak kariernya.

Nah, siapapun bisa meniru cara sukses meniti karier dan menjalani kehidupan dari bapak bangsa yang juga dijuluki sang Mr. Crack ini.

Berikut Cermati.com kumpulkan kiat sukses meniti karier ala B.J. Habibie dari kalimat motivasinya yang anak muda wajib tahu.

 

1. “Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah”

Mahasiswa
Jangan pernah menyerah

Ya, kalimat motivasi dari mendiang B.J. Habibie ini memang menyadarkan bahwa di saat menyerah, itulah kegagalan yang sejatinya didapat. Maka dari itu, ketika ingin meraih apa yang diimpikan dan dicita-citakan, kuncinya adalah jangan pernah menyerah.

Kesulitan dan halangan apapun yang ada di depan mata, haruslah terus dihadapi hingga keberhasilan diraih. Kuncinya, mengabaikan rasa lelah dan jenuh, bahkan rintangan yang membuat diri berdarah-darah sekalipun, hingga sukses ada di genggaman.

2. “Ketika seseorang menghina Anda, itu adalah sebuah pujian bahwa selama ini mereka menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan Anda, bahkan ketika Anda tidak memikirkan mereka”

Bullying
Ilustrasi perundungan

Namanya juga hidup, tidaklah semulus apa yang dibayangkan dan diinginkan. Dan manusia adalah makhluk sosial. Kesehariannya dipaksa untuk saling berinteraksi antara satu dengan lainnya guna memenuhi kebutuhan hidup.

Tapi, yang namanya manusia, masing-masing punya isi kepala dan hati yang berbeda-beda. Tak selalu setiap orang punya kesamaan rasa dan pemikiran.

Perbedaan itulah yang sejatinya membuat hidup penuh warna dan dinamis. Ketika ada seseorang yang menghina, janganlah membuang-buang waktu dan energi untuk membalasnya. Itulah yang diajarkan B.J. Habibie.

Lebih baik, gunakan energi dan waktu Anda untuk melakukan serta memikirkan hal-hal positif yang akan meningkatkan kualitas diri. Ingat, sejatinya waktu 24 jam dalam satu hari itu sangat kurang untuk kita mempelajari ilmu pengetahuan yang ada.

Baca Juga: 6 Filosofi Hidup Orang Jawa ini Bisa Membuat Anda Bijaksana

3. “Salah satu kunci kebahagiaan adalah menggunakan uang Anda untuk pengalaman, bukan untuk keinginan”

Penelitian
Ilustrasi mencari pengalaman dari sebuah penelitian

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat diri bahagia. Salah satunya adalah melakukan hobi.

Tapi tak sedikit yang merasa bahagia bila menghabiskan uang untuk bersenang-senang, seperti belanja barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan, atau sekadar kongko berlama-lama di kafe dan lainnya.

Namun, B.J. Habibie mengingatkan bahwa sesungguhnya sesuatu yang bisa mendatangkan kebahagiaan yang bermanfaat dan lebih tahan lama adalah pengalaman. Mengetahui dan mempelajari pengalaman-pengalaman baru di luar sana.

Oleh karena itu, kurangi menggunakan uang untuk sekadar memenuhi keinginan saja buat bisa merasa bahagia. Akan tetapi, gunakan uang Anda sebagai modal untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan menghadirkan bahagia.

4. “Harus konsisten dalam menekuni bidang disiplin ilmu yang Anda pelajari. Anda bisa menjadi konsisten seperti saya”

Konsisten
Teruslah konsisten dengan pilihan

Salah satu kunci sukses adalah menekuni apa yang sudah dimulai sesuai keinginan. Dengan kata lain adalah konsisten. Konsisten dengan apa yang dipilih dan dilakukan.

B.J. Habibie juga sudah menekankan pentingnya untuk terus konsisten dengan apa yang menjadi pilihan. Walau cobaan dan rintangan menghadang, dengan penuh konsisten, terus mencoba meski berkali-kali gagal, maka kesuksesan pun akan tiba di depan mata.

5. “Di mana pun Anda berada, selalulah menjadi yang terbaik dan berikan yang terbaik dari yang bisa kita berikan”

Melakukan Terbaik
Selalu lakukan yang terbaik

Do your best! Kalimat ini pun juga dijadikan salah satu kunci menuju sukses oleh B.J. Habibie. Oleh karena itu, di mana pun berada, berusahalah untuk jadi yang terbaik dan lakukan yang terbaik pula.

Dengan melakukan yang terbaik, artinya Anda harus memaksimalkan kemampuan. Melakukan dan mengerjakan segala sesuatunya dengan sepenuh hati dan totalitas. Maka, kesuksesan pun akan mudah diraih.

6. “Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup”

Kecerdasan
Ilustrasi kecerdasan

Kecerdasan datangnya dari otak. Sedangkan cinta itu berasal dari hati nurani. Bila punya kecerdasan yang luar biasa, namun tidak punya rasa cinta atau belas kasih, maka hal itu bisa berujung pada petaka.

Hal itulah yang juga diyakini oleh B.J. Habibie, bahwa tanpa cinta, sebuah kecerdasan itu bisa menimbulkan bahaya. Begitu juga sebaliknya, tanpa kecerdasan, maka cinta itu tidak akan cukup untuk meraih kesuksesan.

7. “Belajarlah mengucap syukur dari hal-hal baik di hidup Anda. Belajarlah menjadi kuat dari hal-hal buruk di hidup Anda”

Bersyukur
Ilustrasi bersyukur

Tanpa bersyukur, siapapun akan terus merasa kekurangan dan hidup hampa tanpa arah. Oleh karena itu bersyukur adalah salah satu kunci yang diyakini B.J. habibie untuk menggapai asanya.

Ia terus mengingatkan bertapa pentingnya bersyukur dalam segala hal yang baik dalam hidup ini. Begitu juga di saat menghadapi situasi yang buruk, Habibie menekankan untuk terus belajar menjadi lebih kuat setiap waktu, sehingga bisa melaluinya dengan baik.

8. “Ketika muda dihabiskan bermalas-malasan, maka tua juga akan bermalas-malasan, lalu tak terasa besok mati. Namun kalau kita banyak belajar dan banyak analisis, maka saat dia tua, dia menang”

Ilustrasi Malas
Ilustrasi bermalas-malasan

Ingat pepatah; kebiasaan yang baik akan menghasilkan karakter yang baik, sedangkan kebiasaan buruk akan menghasilkan karakter yang buruk pula?

Itulah yang ditekankan oleh mendiang B.J. Habibie. Ia mengingatkan para anak muda untuk selalu giat di masa mudanya. Sebab hal itu akan menjadi kebiasaan di masa tuanya nanti.

Jadi, jika ingin sukses, selagi masih muda, jangan pernah menghabiskan waktu hanya untuk bermalas-malasan. Tapi gunakan waktu sebaik mungkin dengan mengasah kemampuan menganalisis dan banyak belajar agar di masa tua menjadi pemenang alias tercapai cita-citanya.

Baca Juga: Generasi Millennial Wajib Olahraga ini, Alasannya?

9. “Jadilah anak muda yang produktif, sehingga menjadi pribadi yang profesional dengan tidak melupakan dua hal yaitu iman dan takwa”

Berdoa
Ilustrasi berdoa

Tanpa iman, jiwa bisa menjadi hampa. Itulah gambaran dari kata-kata B.J. Habibie yang satu ini. Ia juga menekankan pentingnya menjadi anak muda yang produktif.

Sebab sikap produktif ini nantinya akan membawa seseorang menjadi pribadi yang profesional di lingkungan kerja maupun dunia usaha. Pun demikian, Habibie mengingatkan untuk tidak melupakan iman dan takwa.

Dengan iman dan takwa yang ada di hati, maka jiwa akan terisi dan tidak menyisakan kehampaan dalam diri. Melalui jiwa yang terisi penuh dengan iman dan takwa itulah yang akan memudahkan diri untuk terus semangat menjadi pribadi yang produktif dan profesional.

10. “Tidak ada gunanya IQ Anda tinggi namun malas, tidak memiliki disiplin. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban untuk masa depan yang cerah”

Masa Depan Sukses
Ilustrasi menatap masa depan yang cerah

Ternyata rasa malas dan tidak disiplin itu bisa mengalahkan tingkat kecerdasan (IQ) yang tinggi sekalipun. Orang cerdas memang bisa dengan cepat mengerjakan atau memecahkan suatu hal.

Tapi semua itu akan kalah dengan orang yang punya kecerdasan biasa saja, namun dia sangat tekun dan disiplin. Orang dengan IQ tinggi tapi malas dan tidak disiplin, menurut B.J. Habibie, ia hanya menunda-nunda kesuksesan dan bisa berujung pada kegagalan.

11. “Dalam hidup ini milikilah mental seperti orang yang bermain sepeda. Bila tidak mengayuh, maka akan jatuh. Jika berhenti bekerja maka akan mati”

Naik Sepeda
Ilustrasi naik sepeda

Apakah Anda pernah belajar naik sepeda? Seperti itulah perumpamaan dalam menjalani hidup. Ketika belajar naik sepeda, pasti akan jatuh berkali-kali, tetapi tak jera untuk tetap naik sepeda hingga bisa mengayuhnya.

B.J. Habibie juga mengumpamakan bahwa hidup dan bekerja itu laiknya main sepeda. Terus mengayuh meski jatuh tak bisa dihindari. Ketika tak mengayuh sepeda, maka akan jatuh. Jika berhenti bekerja, artinya akan mati karena tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Maka dari itu, jangan pernah berhenti melakukan apa yang menjadi kewajiban dalam hidup, yakni bekerja. Teruslah bekerja dan berkarya untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna demi kelangsungan hidup yang lebih baik dan bermanfaat.

Resapi Setiap Kata Positif untuk Raih Impian

Semangat
Terus pupuklah semangatmu!

Terkadang, semangat itu naik turun seiring perjalanan waktu yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di saat suasana hati sedang tidak bagus, yang dibutuhkan adalah penyemangat yang datangnya bisa dari mana saja dan apa saja, tak terkecuali hanya sekadar kata-kata dari sosok inspiratif. Jadi, di kala semangat enggan menyapa, sirami jiwa dengan kata-kata motivasi yang menyemangati diri untuk menggapai asa dan cita.

Baca Juga: Kata-kata Inspirasi Sukses dari Steve Jobs

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA