Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

Ahad 29 Sep 2019 14:13 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nora Azizah

Secangkir Kopi / Ilustrasi

Secangkir Kopi / Ilustrasi

Foto: Nora Azizah/Republika
Terlalu banyak kafein berdampak buruk bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap masyarakat tentu menyukai kopi. Kafein dalam kopi dapat membantu tubuh untuk tetap bugar. Namun, terlalu banyak kafein juga memiliki dampak buruk bagi tubuh. Kafein lebih baik di konsumsi dalam jumlah terbatas dan reguler.

"Secara nyata mengonsumsi 400mg kafein perhari bagi sebagian besar manusia dewasa tampaknya cukup dan masih aman," kata dokter di Mayo Clinic Family Medicine Residency Programme di Eau Claire, Wisconsin, Amerika Serikat (AS) Kelsey Western kepada Romper, Ahad (29/9).

Berikut ini tanda tubuh telah menggonsumsi kafein berlebih

Pusing
Kafein dapat membuat kepala penikmatnya justru pusing akibat mengonsumsi terlalu banyak. Western mengatakan, bukti menunjukan jika mengonsumsi kafein setiap hari cenderung mengalami migrain kronis dan penggunaan obat pusing secara berlibihan dari pada yang tidak mengonsumsi kafein.

Masalah pencernaan
Perut yang terasa tidak enak maka itu bisa jadi merupakan tanda terlalu banyak mengonsumsi kafein. Meminum kafein terlalu banyak dapat meningkatkan kontraksi dalam sistem pencernaan sehingga berpotensi menyebabkan diare.

Meningkatkan kecemasan
Kafein juga terbukti memiliki dampak meningkatkan kecemasan bagi sebagian orang. Meski demikian, bulan berarti penggunaan kafein harus dijauhi seutuhnya karena hal itu bukan musuh. Hanya saja, seiap orang perlu tahu batasannya masing-masing.

Tremor
Tangan yang bergetar merupakan tanda lainnya jika tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein. Western mengatakan, tremor menjadi tanda bahwa Anda harus mengurangi konsumsi kafein.

Insomnia kronis
Kafein memberikan pengaruh kepada kebiasaan waktu tidur. Konsumsi kafein berlebih dapat menuntun Anda pada insomnia. Western mengatakan, ada cara-cara tersendiri anntinya untuk melawan insomnia.

Lebih sering ke kamar mandi
Kebanyakan mengonsumsi kafein dapat membiat penikmatnya lebih sering ke kamar mandi. Western mengatakan, artinya saat Amda kerap keluar-masuk kamar mandi itu pertanda jika tubuh sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA