Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Cara Orang Tua Dukung Potensi Kecerdasan Anak

Jumat 27 Sep 2019 00:33 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya.

Anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk tumbuh kembangnya.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ada 8 potensi kecerdasan anak yang bisa dibangun sejak usia masa emas.

Ceknricek.com -- Berbagai studi menunjukkan, masa emas atau golden age pada anak merupakan fondasi bagi perkembangannya. Usia ini merupakan periode emas dimana kecerdasan si kecil terbentuk. 

Ada 8 potensi kecerdasan yang bisa dibangun sejak usia tersebut untuk mendukung fondasi belajar diantaranya komunikasi, fokus, empati, memori, problem solving, pengendalian diri, inisiatif dan sosial. 

Berikut 3 cara sederhana untuk dapat meracik semua potensi kecerdasan si kecil. 

Orang tua merupakan role model anak
Si kecil paling mudah meniru apa yang akan Anda lakukan. Sebagai orang tua jadilah role model yang baik untuk anak Anda dan manfaatkanlah momen ini agar membangun fondasi si kecil.

Misalnya saja pada saat makan, berdoa sebelum makan, menghabiskan semua makanan serta yang tidak kalah pentingnya untuk selalu membersihkan meja makan usai makan. Cara ini mengedukasi anak tentang tata krama di meja makan mengajarkan kedisiplinan dan kebersihan. 

Stimulasi kemampuan berfikir anak
Stimulasi kemampuan berfikir anak diantaranya dari proses menangkap hingga mempertimbangkan suatu hal. Ini tidak kalah pentingnya dimiliki setiap anak agar si kecil siap menghadapi masa-masa sekolahnya nanti. 

Untuk membangun kemampuan berpikir anak, Anda bisa berikan beberapa stimulasi yang tepat dan dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Contohnya, mengenalkan anak berbagai perbendaharaan kata dengan cara mengajaknya berbicara, mendongeng, sampai mengucapkan semua nama benda yang ada di sekitarnya. 

Berikan nutrisi yang tepat
Dari semua cara di atas yang paling penting untuk mendukung masa golden age anak adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang baik untuk anak adalah nutrisi yang beragam dan seimbang.

Dengan memberikan makanan yang tinggi akan protein, kalsium hingga vitamin. Dan penuhi kebutuhan nutrisi lainnya yang mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. (Berbagai sumber)

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA