Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Rekomendasi Menu Diet Penderita Gagal Jantung Kongestif

Selasa 24 Sep 2019 14:38 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Diet (Ilustrasi)

Diet (Ilustrasi)

Foto: Allwomenstalk
Diet sehat penderita gagal jantung bermanfaat mengurangi beban kerja jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gagal jantung kongestif atau congestive heart failure (CHF) merupakan kegagalan dalam memompa pasokan darah yang dibutuhkan tubuh. Efek gagal jantung kongestif tidak main-main, menurut situs MedinePlus, 300 ribu orang meninggal setiap tahunnya karena CHF.

Ketika seseorang mengalami gagal jantung kongestif, jantung tidak lagi bekerja secara maksimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Namun dengan menjalani diet sehat dipercaya bisa mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

Diet sehat bagi penderita gagal jantung kongestif juga bermanfaat untuk mengurangi beban kerja jantung, mengurangi penumpukan cairan dan memudahkan bernapas. Diet untuk penderita gagal jantung kongestif dapat membatasi asupan natrium sebesar 2.000 hingga 3.000 mg sehari dan mendorong untuk memilih lebih banyak makanan segar.

Lalu bagaimana petunjuk diet sehat bagi penderita gagal jantung kongestif? Berikut penjelasannya seperti dilansir Live Strong, Selasa (24/9).

Baca Juga

Sarapan
Sarapan rendah natrium dapat dilakukan dengan mengonsumsi 1 cup oatmeal ditaburi 1/4 cup kismis dan 1/2 cup susu tanpa lemak. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan telur rebus dan jus jeruk.

Menu sarapan ini mengandung 465 kalori dan 125 mg sodium. Saat mencoba mengurangi kandungan natrium dalam diet, langkah pertama adalah berhenti menambahkan garam saat memasak dan makan. Selamat mencoba!

Makan siang
Makan siang rendah sodium untuk penderita gagal jantung kongestif dapat dilakukan dengan mengonsumsi 3 ons tuna rendah sodium, dua lapis roti gandum dilapisi 1 sdm mayones rendah lemak. Tambahkan juga 1 cup salad sayur dengan 1 sdt minyak zaitun dan cuka balsamic. Kemudian, kamu juga bisa menambah 1 cangkir yogurt buah tanpa lemak dan jeruk kecil.

Menu di atas mengandung 620 kalori dan 700 mg sodium. Untuk mengontrol asupan natrium, kamu bisa menyiapkan menu makan siang di rumah. Dengan begitu, kamu tahu persis berapa banyak natrium yang dimakan.

Makan malam
Makan malam rendah natrium dapat mencakup 3 ons dada ayam panggang yang dibumbui dengan rosemary segar, 1 cup kentang dan wortel panggang dengan 1 sdt minyak zaitun, dan segelas susu tanpa lemak.

Menu makan malam di atas mengandung 580 kalori dan 360 mg natrium. Menghilangkan garam dalam makanan memang membutuhkan waktu agar lidah terbiasa. Untuk menyiasatinya, kamu bisa gunakan bumbu dan rempah-rempah untuk menambah citarasa pada makanan. Bumbu non-garam yang sehat misalnya bawang putih, lada, rosemary, basil, oregano, lemon dan cuka.

Makanan ringan
Kudapan sehat untuk gagal jantung kongestif, misalnya apel 1/4 cup almond yang mengandung 230 kalori dan 15 mg natrium.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA