Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Rich Brian Awali Karir dari Cover Lagu Rap, Kini Jadi Rapper Sukses

Ahad 20 Oct 2019 20:56 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Rich Brian menjadi rapper Indonesia yang sukses di luar negeri.

Siapa yang bakal menyangka kalau anak muda asal Indonesia ini justru sukses di luar negeri. Ya, Rich Brian menjadi seorang musisi yang memfokuskan kariernya sebagai rapper Hip Hop. Meski umurnya masih sangat muda dan belum lama terjun sebagai musisi, tapi Rich Brian patut diacungi jempol karena karya-karyanya sudah terkenal dan mendunia.

Mungkin hingga sekarang ini masih ada saja diantara kalian yang belum mengenal Rich Brian. Untuk itu, Cermati.com berikan ulasan yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini mengenai sosok hingga kisah sukses Rich Brian yang bisa dijadikan inspirasi untuk kalangan milenial.

 

Anak dari Pemilik Kafe

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rich Brian (@brianimanuel) on

Rapper yang memiliki nama asli Brian Imanuel Soewarano ini lahir di Jakarta pada 3 September 1999. Ia anak bungsu dari empat bersaudara dari pasangan Megawati Purnomo dan Heru. Kedua orang tuanya merupakan pemilik kafe ninotchka yang berlokasi di Jakarta. Hal ini membuat kedua orang tua Brian menjadi sibuk dan lebih sering menghabiskan waktu untuk mengelola kafenya tersebut.

Meski begitu, orang tuanya tak melupakan pendidikan anak-anaknya, termasuk Brian. Orang tuanya memutuskan untuk memenuhi pendidikan Brian dengan Homeschooling atau sekolah di rumah. Adapun alasan lain yang menjadikan homeschooling menjadi pilihan yang tepat untuk Brian, yaitu Brian merupakan anak yang anti sosial sejak kecil dan ia lebih sering menyendiri.

Dengan banyak waktu yang Brian miliki, ia menjadi lebih bebas mengeksplore diri. Salah satunya banyak belajar sendiri dengan memanfaatkan komputer milik orang tuanya. Ia membuka Youtube untuk mencari berbagai macam video strategi menyelesaikan rubrik dengan sangat cepat. Brian juga belajar Bahasa Inggris sendiri dengan menonton berbagai video hingga mendengarkan lagu-lagu.

Bukan hanya itu saja, dari Youtube Brian banyak belajar membuat video-video dark-comedy Amerika yang ia posting di akun twitternya saat usianya masih 11 tahun. Hasil buatan videonya tersebut memang banyak dilihat orang, tapi sayangnya saat itu, belum banyak orang yang mengenali dirinya.

Berawal dari Ngecover Lagu Rap di Youtube

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rich Brian (@brianimanuel) on

Sebagai penyanyi hip hop yang terkenal, awalnya ia tidak mengetahui lagu hip hop tersebut. Namun, dari pertemanan yang berada di komunitas Twitter Amerika Serikat, ia mengenal deretan lagu hip hop. Setelah mendengarkan berkali-kali, dari situlah ia mulai tertarik dengan lagu hip hop dan mulai belajar nge-rap secara otodidak.

Dirasa kemampuan nge-rapnya sudah mumpuni dan Bahasa Inggrisnya sudah lancar, Brian baru percaya diri mengcover lagu-lagu hip hop. Lagu pertama yang ia cover adalah ‘Thrift Shop’ dari Chainz and Macklemore. Brian juga memberanikan diri untuk mengunggah hasil cover lagunya di akun Youtubenya yang diberi nama Rich Brian.

Hingga akhirnya, Brian merilis sebuah lagu pertamanya ‘Living Dream’ pada 17 Juli 2015 di akun Youtube pribadinya yang kini sudah memiliki 1,53 juta subscriber. Lagu tersebut merupakan hasil karya sendiri yang menceritakan dirinya yang ingin sukses dan berhasil dengan timnya.

Kemudian, menyusul lagu ‘Dat Stick’ yang menjadi single debutnya pada 22 Februari 2016. Lagu yang menceritakan sebuah lelucon atau parodi dari seorang remaja yang terlihat polos dengan tas pinggang serta suara dan liriknya yang dalam tentang penembakan disandingkan dengan penampilannya yang lugu ini nyatanya membuat Brian menjadi viral di jagat maya, bahkan tak ada yang menyangka bahwa kemampuan rap dan bahasa inggrisnya diakui beberapa rapper kondang di Amerika Serikat, mulai dari 21 Savage, Ghostface Killah, Tory Lanes, MadeinTYO dan Desiigner.

Terus memanfaatkan momennya, Brian terus merilis lagu rapnya. Di tahun yang sama, ia merilis dua lagu sekaligus, yaitu ‘Who That Be’ dan ‘Seventeen’.

Baca Juga: 7 Cara Sukses Menjadi Youtuber

Sukses Berkat Sean Miyashiro – 88rising

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rich Brian (@brianimanuel) on

Kemampuan rapnya yang sangat bagus, akhirnya ia dilirik oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media entertainment, 88rising. 88rising merupakan perusahaan yang dikelola langsung oleh Sean Miyashiro yang bertempat di Amerika Serikat. Walau Brian harus pindah ke Amerika, tapi Berkat tangan Seanlah, Brian menjadi seperti sekarang ini.

Ia mengawali kariernya di Amerika sebagai rapper dengan mengadakan tur perdananya pada April 2017. Kemudian, Brian resmi bergabung dari bagian 88rising ditandai dengan rilisnya sebuah single yang bertajuk ‘Gospel’ bersana dengan XXXTentacion dan Keith Ape yang diunggah di channel Youtube 88rising pada Mei 2017.

Dalam waktu yang berdekatan pula, Brian juga merilis banyak single lagu rapny, mengadakan tur hingga album, di antaranya:

  • ‘Glow Lika Dat’, 15 Agustus 2017
  • Tur ‘Come to My Party Tour’, 9 September – 21 November 2017
  • ‘Chaos’, Oktober 2017
  • ‘Crisis’ bersama 21 Savage, November 2017
  • ‘See Me’, 1 Januari 2018
  • Album ‘Amen’, 2 Februari 2018
  • ‘Yellow’, 26 Juni 2019
  • Album ‘The Sailor’, 26 Juli 2019

Sean-88rising memilih cara yang berbeda dari perusahaan yang lainnya untuk memperkenalkan Brian, yaitu dengan memanfaatkan tekologi internet baik Youtube hingga media sosial lainnya. Selain itu, pria berdarah Jepang-Korea ini juga berani dalam menentang aturan yang berlaku dalam industri musik di Amerika.

Jika biasanya seluruh perusahaan entertainment atau rekaman di Amerika hanya mengenalkan artis yang berasal dari negara yang sama ke seluruh dunia, tapi Sean justru memperkenalkan artis dari Asia ke bagian Barat. Bukan Cuma Brian saja yang terkenal dan sukses berkat Sean-88rising, tapi ada artis Asia lainnya, seperti NIKI, Joji, dan Keith Ape.

Baca Juga: Tips Jadi Generasi Milenial Sukses dari Menteri Keuangan Sri Mulyani

Musisi yang Mendulang Banyak Prestasi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rich Brian (@brianimanuel) on

Bukan hanya terkenal saja, dengan bergabungnya Brian di 88 rising ini juga membuat dirinya mendulang banyak prestasi, di antaranya:

  • Musisi Asia Pertama yang berhasil mendudu tangga lagu nomor 1 dalam iTunes Hip Hop
  • Penghargaan sebagai Breakthrough Artist of The Year – Indonesian Choice Awards ke-4
  • Masuk list Forbes ’30 under 30’ Asia dalam kategori Entertainment & Sport 2018
  • Albumm ‘Amen’ masuk Peringkat 18 dalam Billboard 200

Ia, juga sempat menjadi tamu undangan dalam program radio Apple Music, OTHERTOE di Beats 1 pada 2017. Di acara tersebut ia diundang langsung oleh rapper terkenal Pharrell Williams.

Karena dirinya sudah mengharumkan nama Indonesia dengan kariernya sebagai musisi Hip Hop Indonesia yang cemerlang di dunia musik internasional serta deretan prestasi yang diraihnya, Brian pun diundang langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor untuk berbincang-bincang.

Manfaatkan Media Sosial untuk Berkarier

Setiap orang mempunyai cara sukses yang berbeda-beda, bahkan dengan cara yang unik sekalipun, seperti halnya dengan Brian Imanuel. Sejak kecil ia sudah mengetaui passionnya dibidang musik, setelah itu ia memanfaatkan media sosial sebagai batu loncatannya hingga pada akhirnya ia menjadi rapper sukses yang terkenal di dunia. Tapi Brian juga tak lupa untuk selalu mengasah dirinya.

Kisahnya bisa bisa kamu jadikan inspirasi untuk meraih sukses. Bagi kamu yang memiliki passion di bidang entertaint baik itu bernyanyi, acting dan sebagainya, tak ada salahnya manfaatkan media sosial dengan maksimal. Kamu bisa memulainya dengan mengcover lagu-lagu, hingga memparodikan sebuah adegan atau membuat cuplikan cerita pendek. Jika sudah dikenal banyak orang melalui media sosial dan karyamu viral, pasti akan ada produser rekaman, film dan lainnya yang tertarik dengan kemampuan kamu. Jangan lupa juga asah terus kemampuan atau keahlian yang kamu miliki agar hasil karyamu memiliki nilai jual yang mahal.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Membangun Personal Branding di Sosial Media

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA