Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Nutrisi Super Bantu Turunkan Berat Badan

Ahad 22 Sep 2019 08:53 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Makan Sehat.

Makan Sehat.

Foto: Pixabay
Nutrisi super banyak ditemukan di buah dan sayur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain olahraga teratur, asupan nutrisi juga penting untuk membantu menurunkan berat badan. Misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki nutrisi super.

Berikut adalah sebagian buah dan sayuran dengan nutrisi super. Nutrisi super dapat membantu menurunkan berat badan dengan lebih efektif, dilansir Times of India, Ahad (22/9).

Lemak tak jenuh tunggal
Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu secara efektif menurunkan berat badan dan perut buncit. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko mengembangkan masalah kardiovaskular dan mengurangi peradangan. Jenis buah dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang paling direkomendasikan untuk diet antara lain alpukat, kacang Macadamia, almond dan minyak zaitun.

Serat
Meningkatkan asupan serat larut, seperti beta-glukan dan glukomanan, dapat membantu menghilangkan lemak di perut dan mencegah penambahan lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat larut memiliki risiko lemak perut yang lebih rendah. Ini juga memperlambat pencernaan dan membuat tubuh merasa kenyang untuk periode waktu lebih lama.

Sumber serat yang paling direkomendasikan untuk diet adalah apel, berry, buah jeruk, oatmeal, dan pir.

Protein
Protein adalah nutrisi paling penting ketika hendak menurunkan berat badan. Meningkatkan asupan protein saat mencoba mengurangi berat badan dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan mengubah beberapa hormon pengatur berat badan.

Bahan makanan berprotein tinggi dapat membuat membakar lebih banyak kalori sepanjang waktu, bahkan ketika sedang tidur. Sumber protein paling efektif untuk menurunkan berat badan antara lain daging sapi, unggas, ikan dan susu.

Raspberry keton
Keton raspberry adalah zat alami yang memberikan aroma raspberry merah. Ini juga ditemukan dalam jumlah kecil di blackberry, cranberry, dan kiwi. Keton raspberry dapat membantu meningkatkan produksi energi otot, hormon pembakaran lemak adiponektin. Kandungan itu bisa didapat pada buah Raspberry, blackberry dan cranberry.

Epigallocatechin Gallate (EGCG)
EGCG adalah senyawa yang ditemukan dalam teh hijau dan memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti. Ini membantu mengurangi peradangan, menurunkan berat badan dan mencegah penyakit jantung dan otak. Senyawa ini dikenal untuk meningkatkan termogenesis dengan membakar kalori ekstra.

Sumber EGCG yang paling direkomendasikan untuk diet adalah teh hijau, teh putih, cranberry, pir dan hazelnut.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA