Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Empat Tanda Tubuh Kekurangan Zat Kalsium

Ahad 22 Sep 2019 04:15 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Kekurangan kalsium buat tulang menjadi rapuh

Kekurangan kalsium buat tulang menjadi rapuh

Foto: Boldsky
Saat kekurangan kalsium, tubuh akan memberi sinyal.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Tubuh memiliki cara berkomunikasi dengan manusia. Dengan begitu, manusia bisa mengambil tindakan pencegahan terkait situasi kritis dan non kritis tubuh mereka.

Ketika kadar kalsium dalam tubuh rendah, tubuh akan memberi tahu. Kondisi yang dinamakan hipokalsemia itu jika tidak ditangani dapat mengancam jiwa dan menyebabkan kematian.

Seperti dikutip dari Indian Express, Sabtu (21/9), ada beberapa tanda-tanda bahwa tubuh memiliki kalsium rendah dan meminta pemiliknya untuk segera menambah asupan tersebut.

Keram otot

Keram yang menyerang otot betis akan mengirimkan rasa sakit yang luar biasa ke seluruh tubuh. Ini adalah cara klasik tubuh untuk memberi tahu bahwa dia kekurangan kalsium. Orang bisa menambah kalsium dengan meminum susu dan mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Tulang rapuh

Ketika Anda terbentur dan berakhir dengan patah tulang, itu tandanya kalsium tubuh sedang rendah. Tubuh manusia berhenti membangun tulang baru pada saat mencapai usia 20-an.

Di usia 30-an, manusia sangat bergantung pada kalsium dalam makanan untuk menjaga tulang. Dari waktu ke waktu, seseorang harus menilai kesehatan tulang tubuhnya dan membuat perubahan pola makan jika diperlukan.

Kesehatan gigi

Kalsium dan fosfor menjaga gigi agar kuat. Kerusakan gigi adalah contoh yang jelas dari asupan kalsium yang rendah.

Kulit gatal dan kuku jelek

Kulit dan kuku disebut sebagai indikator kesehatan. Kondisi kulit seperti psoriaris dan eksim terkait dengan kekurangan kalsium.

Sementara itu, kuku kering dan rapuh adalah indikator kadar kalsium rendah dalam darah. Periksakan diri ke dokter sebelum mulai mengonsumsi suplemen kalsium.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA