Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Yuk, Temukan 5 Surga Wisata Alam Tersembunyi di Bogor

Senin 23 Sep 2019 00:01 WIB

Red: Gita Amanda

Wisata alam tersembunyi di Bogor.

Wisata alam tersembunyi di Bogor.

Foto: Traveloka
Tak perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan untuk bisa menjelajahi Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebagai warga Indonesia, kita tentunya patut berbangga. Bagaimana tidak, negeri ini memiliki hampir segalanya. Mulai dari tanah subur, lautan yang luas, pegunungan, hingga kekayaan alam lainnya. Setiap aspek tentu bisa Anda temukan di masing-masing daerah. Begitu pun di Bogor, ada banyak kekayaan alam di dalamnya. Beberapa di antaranya bahkan disebut surga tersembunyi karena keindahannya.

Penasaran di mana saja lokasinya?  Ayo simak ulasan selengkapnya di sini.

Baca Juga

  1. Curug Cigamea

Ada banyak curug yang bisa ditemukan di Bogor, salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Curug Cigamea. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Setidaknya, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp 10 ribu per orang. Ada pula biaya tambahan bagi yang membawa kendaraan pribadi. 

Selain memiliki air jernih kebiruan, wisata alam ini juga memiliki dua aliran sehingga turut dijuluki sebagai curug kembar. Asyiknya, fasilitas di Curug Cigamea cukup memadai sehingga cocok dijadikan wisata keluarga. Jika ingin berkunjung, sebaiknya datanglah sejak pagi karena kawasan akan cukup berbahaya menjelang malam hari.

  1. Leuwi Lieuk

Jika biasanya menyelam dilakukan di laut, maka di Bogor Anda bisa melakukannya di Leuwi Lieuk. Leuwi sendiri memiliki arti lubuk dalam bahasa Sunda. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menuju kawasan Pabuaran, Sukamakmur.

Sesampainya di lokasi, pemandangan tebing yang mengapit lubuk akan membuat siapa saja terpana. Tebingnya memiliki variasi tinggi, yakni 3 meter,  5 meter,  dan 6 meter. Bagi yang suka memacu adrenalin, tak ada salahnya melompat dari tebing sebelum menyelam. Namun, tetaplah berhati-hati karena Leuwi Lieuk memiliki kedalaman kurang lebih 3 meter.

  1. Rumah Pohon Curug Ciherang

Para penyuka swafoto tentu tak boleh melewatkan Curug Ciherang saat berkunjung ke Kota Hujan. Tepatnya, wisata alam ini berada di Wargajaya, Sukamakmur. Ada banyak spot menakjubkan di sini, salah satu yang sedang menjadi perbincangan banyak orang adalah keberadaan rumah pohon dan jembatan gantungnya.

Lokasinya yang berada di sebuah pohon raksasa serta diatas tebing seakan mampu mengundang adrenalin yang berkunjung. Meski begitu, panorama yang dihasilkan pun tak kalah menarik untuk diburu. Tenang saja, rumah pohon dan jembatan gantung dibuat dengan keamanan yang baik. Jadi, pengunjung bisa leluasa saat berkunjung.

  1. Kebun Raya Cibodas

Siapa sangka jika di Bogor Anda bisa melihat pesona bunga sakura? Ya, bunga yang identik di negara Jepang tersebut ternyata tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas. Namun, biasanya bunga berwarna pink tersebut mekar sekitar bulan Januari dan Februari. Tak hanya itu, bunga sakura juga hanya mampu mekar selama kurang dari seminggu. Jadi, pastikan Anda datang di waktu yang tepat ya.

Selain keberadaan bunga sakura, kebun peninggalan zaman Belanda ini masih punya banyak objek menarik. Mulai dari rumah kaca, taman lumut, hingga bunga bangkai raksasa bisa dilihat di sini. Jadi, langsung saja menuju Desa Cimacan, Cipanas untuk buktikan keindahannya.

  1. Goa Agung Garunggang

Destinasi satu ini khusus untuk Anda yang gemar trekking. Pasalnya, untuk mencapai lokasi Goa Agung Garunggang pengunjung perlu berjalan sekitar 2 jam lamanya. Meski begitu, perjalanan menuju gua dijamin akan membuat siapa saja takjub. Mulai dari hamparan sawah hijau, hingga sungai berbatuan akan menjadi pemandangan indah di perjalanan.

Sesampainya di kawasan gua, pengunjung tentu akan takjub dengan pesonanya. Jejeran tebing coklat dengan guratan tekstur mengalir menjadikan pemandangan menarik bagi siapa saja. Untuk masuk ke Goa Garunggang, pengunjung perlu menaiki sebuah tangga. Kondisi gua pun tak kalah indah dengan stalaktit di beberapa areanya. Konon, gua ini bisa ditelusuri hingga 3 kilometer (km). Jadi, persiapkan stamina serta amunisi jika ingin menelusurinya, ya.

Nah, wisata alam apa yang paling menarik perhatian kamu? Langsung saja rencanakan perjalanan menuju objek wisata tersebut. Bagi yang berasal dari Sukabumi, kamu tak perlu khawatir lagi soal transportasi. Pasalnya, kini ada rute kereta api Sukabumi - Bogor yang bisa kamu gunakan. Jadi, kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan untuk bisa menjelajahi Kota Bogor.

Tertarik untuk mencobanya? Kamu bisa langsung pesan tiket kereta dari Sukabumi ke Bogor di Traveloka. Selamat berlibur!

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA