Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

10 'Budget Killer' yang Bikin Gaji Cepat Habis (2-Habis)

Jumat 20 Sep 2019 13:19 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Terima gaji (ilustrasi)

Terima gaji (ilustrasi)

Foto: abc news
Pola belanja yang tidak sehat dan impulsif menjadi salah satu penyebabnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak faktor yang dapat menyebabkan pendapatan bulanan habis lebih cepat dari seharusnya. Salah satunya adalah pola belanja yang tidak sehat dan impulsif.

Baca Juga

Survei terbaru yang dilakukan oleh OnePoll untuk Slickdeals yang dilansir melalui reviewed.com, Jumat (20/9), menunjukkan bahwa kecenderungan belanja berlebih cukup umum ditemukan di tengah masyarakat. Survei ini juga menemukan bahwa orang-orang cenderung menghabiskan uang secara berlebihan pada beberapa hal berikut.

 

Kebutuhan Rumah Tangga
Seperti halnya belanja bahan makanan, belanja kebutuhan rumah tangga seperti tisu hingga produk kebersihan juga dapat menghabiskan biaya yang tak sedikit. Untuk penghematan, akan lebih murah bila barang-barang ini dibeli sekaligus dalam jumlah besar di penjual grosir.

Kopi
Kopi nampaknya sudah menjadi bagian dari gaya hidup untuk sebagian orang. Tak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk sekedar menyeruput kopi di kedai-kedai kopi ternama.

Mengganti kebiasaan ini dengan membuat kopi sendiri di rumah dapat menghemat cukup banyak uang. Yang perlu dilakukan hanyalah membeli alat pembuat kopi seperti cold brew maker dan alat penghalus biji kopi. Dengan alat-alat ini, pecinta kopi dapat membuat sendiri kopi di rumah yang tak kalah nikmat dengan biaya yang lebih murah.

Delivery Makanan
Memesan makanan yang dikirim langsung ke rumah memang terasa praktis. Meski lebih praktis dan nyaman, membeli makanan melalui layanan pesan antar tidak efektif dari segi biaya. Membeli makanan melalui layanan pesan antar bisa disiasati dengan memasak sendiri di rumah dengan menggunakan alat-alat masak yang praktis, misalnya slow cooker.

Keanggotaan Gym
Sebagian orang memilih untuk membayar keanggotaan gym demi menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang baik. Tentu menjadi anggota gym bukan suatu masalah bila memiliki bujet yang cukup. Namun orang-orang yang tidak memiliki cukup biaya tak perlu memaksakan diri menjadi anggota gym. Ada banyak cara yang bisa dilakukan di rumah unutk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Misalnya, rutin berjalan kaki atau jongging di sekitar rumah.

Hiburan
Tiap orang tentu membutuhkan hiburan, menonton bioskop salah satunya. Namun bila sedang tidak memiliki bujet yang cukup, tidak perlu memaksakan diri untuk mengeluarkan biaya berlebih untuk tiket dan makanan bioskop yang cenderung mahal. Alternatif lain yang lebih murah seperti menonton film dari layanan streaming film bisa dilakukan di rumah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA