Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Jepang Masih Jadi Favorit Wisatawan

Kamis 19 Sep 2019 21:20 WIB

Red: Agung Sasongko

Tokyo

Tokyo

Foto: Rocketnews24
Tiap tahunnya, wisatawan dari Indonesia ke Jepang selalu naik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jepang merupakan salah satu Negara yang banyak diminati wisatawan. Tiap tahunnya, wisatawan dari Indonesia ke Jepang selalu naik. 

Belum termasuk wisatawan dari negara-negara lain. Secara keseluruhan, pada 2018 lalu angka turis di Jepang bahkan naik hingga 20 persen. Hal ini jadi bukti kalau Jepang telah menjadi pilihan favorit para wisatawan mancanegara. 

Nah, buat kamu yang mau melancong ke negeri matahari terbit ini baiknya mulai persiapkan segalanya dari sekarang deh. 

1. Mau Kemana?

Ada beberapa ragam destinasi wisata Jepang yang bisa kamu pilih. Ada tempat yang bertemakan alam, seperti kebun bamboo Arashiyama, Biei, dan Gunung Fuji. Bisa juga datang ke lokasi yang kental akan nunsa budaya, seperti Sensou-Ji, Kuil Todaiji, atau Tokyo Imperial Palace. Atau mungkin kamu ingin bermain ke tempat lain, seperti wahana bermain Fiji-Q Highland, Tokyo Skytree,atau ke Harajuku.

Setelah tahu tujuan, mulai cari informasi lengkap soal tujuan Anda. Mulai dari alamat persisnya, biaya masuk, jadwal operasional, fasilitas, dan lainnya. Kalau menggunakan jasa travel, biasanya memang sudah ditentukan lokasinya. Tapi tetap saja kamu harus mencari informasi tentang destinasi tersebut. Supaya kamu bisa menentukan spot-spot menarik dari lokasi tersebut. 

2. Tiket pesawat

Kalau menggunakan jasa travel biasanya sudah disediakan tiket dan keperluan lainnya. Namun, berbeda dengan kamu yang solo-traveller. Segala sesuatunya harus kamu siapkan sendiri. Salah satunya adalah tiket pesawat. Namanya juga solo-traveller, tentu semua budget harus diatur sendiri. 

Untuk meminimalisir budget, kamu bisa coba beli kalau ada maskapai penerbangan yang berbaik hati mengadakan travel fair. Kamu juga bisa mendapat beragam promo lain untuk penerbangan ke luar negeri. Caranya mudah banget.  Follow aja media sosial resmi dari maskapai-maskapainya. 

Sebelum membeli tiket pastikan kamu sudah mantap dengan tanggal perjalanannya ya. Jangan sampai tanggal keberangkatanmu justru bentrok dengan acara penting lainnya. Kan sayang kalau uang yang sudah kamu keluarkan untuk beli tiket pesawat ternyata tidak bisa dikembalikan. Sudah batal jalan, uang hilang pula.

3. Siapkan dokumen-dokumen perjalanan

Ini sangat penting buat kamu yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk masuk negara orang, tidak bisa kalau asal nyelonong begitu saja. Kamu harus membawa dokumen-dokumen yang memperjelas kedatanganmu ke sana. Salah satunya adalah visa dan paspor. Kalau kamu belum punya keduanya, segera ajukan ke kantor imigrasi terdekat. 

Ada yang menarik nih. Kalau kamu punya punya e-Paspor, kamu tidak perlu membayar visa lagi alias free visa! Kalau belum punya, kamu bisa mulai bikin dari sekarang. Pembuatan e-Paspor ini Cuma bisa dilakukan di kantor imigrasi kelas 1. Jangan sampai salah ya. 

Oh ya, walaupun sudah menggunakan free visa, kamu tetap harus menyerahkan formulir ke Japan Visa Application Center. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat di website kedutaan Jepang.

 Itulah hal-hal penting yang harus kamu siapkan sebelum travelling ke Jepang. Perlu diingat, berkunjung ke negara lain tentu tidak lepas dari berbagai risiko. Untuk melindungi diri dari risiko-risiko tersebut, baiknya kamu menyiapkan asuransi terlebih dahulu. 

Saat ini ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan produk travel insurance. Gunanya adalah untuk melindungimu selama melakukan perjalanan international.

 

sumber : mgrol123
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA