Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Main Mahjong Mampu Turunkan Tingkat Depresi Bagi Lansia

Kamis 19 Sep 2019 17:30 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Ilustrasi Lansia

Ilustrasi Lansia

Foto: pixabay
Hal iini berlaku bila mahjong tidak dipergunakan sebagai alat judi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain sebagai hiburan edukatif, bermain mahjong ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Permainan mahjong disebut bisa mengurangi risiko depresi pada lansia.

Penelitian terbaru dari University of Georgia menemukan bahwa bermain mahjong secara teratur bisa menurunkan tingkat depresi. Hasil penelitian yang dilansir dari Marthastewart.com, Kamis (19/9), menyebutkan bahwa hal ini dibuktikan dengan lansia di China.

Baca Juga

Permainan ini dapat membantu mempertajam daya ingat. Namun, bermain mahjong juga dapat mempengaruhi kesehatan mental holistik secara keseluruhan.

Para peneliti dari University of Georgia bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas Sains dan Teknologi Huazhong China dengan mengambil sampel masyarakat di China. Para peneliti mempelajari hubungan yang kuat antara kegiatan sosial dan kesehatan mental.

Tim gabungan menganalisa data dari 11 ribu penduduk berusia di atas 45 tahun. Para responden kemudian digolongkan untuk kategori interaksi sosial, termasuk pertemanan, olahraga, serta komunitas bermain mahjong.

Dari penelitian menyebutkan, mereka yang bermain mahjong memiliki kesehatan mental yang kuat dibandingkan yang tidak. Bahkan, hal ini juga berlaku bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Namun, manfaat bermain majong yang bisa menurunkan tingkat depresi bisa berlaku asalkan tidak dijadikan alat judi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA