Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Cara Mudah Ngumpulin Dana Traveling dengan Cepat

Jumat 20 Sep 2019 10:08 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

.

.

Ikuti cara mudah ini untuk ngumpulin dana traveling dengan cepat.

Traveling sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama kaum anak muda yang selalu aktif dan senang bepergian. Kamu juga bisa makin eksis memajang foto hingga unggah status ke media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau berbagi konten video di channel YouTube-mu.

Liburan atau traveling kamu jadi sempurna ya. Dengan jalan-jalan, kamu punya pengalaman baru, bahkan menambah teman atau relasi. Traveling gak harus mahal. Tapi sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu. Buat apa memaksakan liburan mewah, kalau pakai utang. Bukannya tenang, malah terbayang-bayang bayar cicilan.

Sebelum memutuskan untuk traveling ke sebuah destinasi wisata, baik dalam maupun luar negeri, lebih baik direncanakan dengan matang. Agar kamu dapat mempersiapkan segalanya, termasuk bujet atau dananya. Paling banyak dilakukan sih dengan cara menabung.

Begini langkah atau cara untuk bisa mendapatkan atau mengumpulkan dana traveling dengan cepat, selain berutang:

Baca Juga: Kuy Liburan ke Korea Selatan, Mumpung Gratis Biaya Visa hingga Akhir 2019

 

1. Susun anggaran perjalanan dan mulai menabung

Traveling
Susun anggaran perjalanan dan mulai menabung

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah menyusun anggaran traveling dengan tepat. Di awali dengan memilih destinasi atau tujuan wisata terlebih dulu. Daerah atau negara mana yang ingin kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menyusun rincian pengeluaran yang dibutuhkan. Contohnya, tiket pesawat (PP), akomodasi, penginapan, biaya makan, belanja oleh-oleh, asuransi perjalanan, dan biaya lainnya.

Rinci besaran pengeluaran dengan hitungan yang paling mendekati, agar kamu dapat menyediakan anggaran di kisaran tersebut. Kalau perlu persiapkan dana lebih dari perhitungan tersebut. Khawatir ada pembengkakan biaya di luar dugaan, seperti harga tiket pesawat mahal. Jadi jangan ngepas.

Perlu diingat, dalam memperhitungkan rincian anggaran traveling¸harus juga memperhatikan kondisi keuanganmu. Jangan sampai rencana tersebut mengganggu pengeluaran rutin biasanya, seperti membayar cicilan utang, sewa rumah, listrik, air, atau belanja pokok lainnya.

Tentukan jumlah yang tepat, kemudian hitung berapa porsi uang yang bisa kamu tabung per bulan untuk anggaran khusus ini, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar duit terkumpul seluruhnya.  Misalnya, perkiraan bujet traveling Rp10 juta untuk ke Korea Selatan.

Jika gajimu sebesar Rp5 juta sebulan, maka kamu dapat menyisihkan 10%-nya. Sehingga per bulan, kamu nabung Rp500 ribu dan akan terkumpul seluruhnya dalam waktu 20 bulan (1 tahun 8 bulan). Itu kalau kamu punya kewajiban membayar cicilan utang.

Jika tidak punya tanggungan utang, menyisihkannya bisa lebih dari itu, misalnya jadi Rp1 juta. Lumayan kan mengurangi waktu cuma jadi 10 bulan saja. Oh ya, kalau bisa menabung di rekening khusus ya, supaya tidak diutak atik.

2. Dapatkan penghasilan tambahan

Fotografer

Mau lebih cepat, coba cari penghasilan tambahan. Misalnya freelance jadi penulis lepas, mengajar les, ojek online, jualan online, fotografer acara pernikahan atau kerja part time di akhir pekan. Pastikan, pekerjaan sampingan ini tidak mengganggu pekerjaan utamamu.

Uang hasil dari freelance atau kerja part time dapat kamu alokasikan seluruhnya untuk tabungan traveling. Bisa makin cepat terpenuhi deh dana liburan. Misalnya dapat duit tambahan Rp1 juta, berarti kan tabungan bertambah jadi Rp2 juta, sehingga 5 bulan saja, dana traveling sudah tersedia.   

Baca Juga: Ingin ke Luar Negeri Tapi Nilai Rupiah Sedang Melemah? Ikuti 6 Tips Berikut

3. Lakukan penghematan

hemat
Lakukan penghematan

Pengorbanan lain untuk mengumpulkan dana traveling dengan cepat, tidak hanya mengandalkan dari gaji utama maupun penghasilan tambahan. Namanya hidup, kadang ada pengeluaran mendadak atau urgent, misalnya orangtua sakit.

Kamu dapat mengakalinya agar tetap bisa menabung, yakni dengan melakukan penghematan pengeluaranmu. Belanja-belanja tidak penting dan masih bisa ditunda, dipangkas. Kurangi nongkrong atau hang out, jajan kopi maupun nonton film di bioskop.

Bisa juga dengan memanfaatkan promo, diskon, cashback, atau lainnya ketika belanja bulanan atau makan. Semakin banyak yang bisa kamu hemat, makin cepat pula dana traveling terkumpul.

4. Jual barang bekas

Barang bekas
Jual barang bekasmu

Satu cara lagi untuk mempercepat terkumpulnya dana traveling, jual saja barang-barang bekasmu. Pilah pilih baju atau barang tidak terpakai dan masih dalam kondisi layak yang ada di rumah, jual lewat bazar atau toko online, maupun media sosial.

Bukan hanya rumah atau kamarmu jadi lebih lega karena barang-barang tidak terpakai disingkirkan, tapi juga dapat uang tambahan dari penjualan tersebut. Kalau laku semua, lumayan banget ada aliran dana yang bisa masuk ke rekening traveling.

Harus Konsisten dan Disiplin

Menabung adalah pekerjaan berat buat orang yang tak mampu disiplin dan konsisten. Tapi buat orang yang sudah punya komitmen kuat untuk mencapai keinginannya, hal itu sangatlah mudah.  Apalagi ini demi traveling. Kalau ingat bakal liburan, pasti timbul semangat bekerja untuk mengumpulkan dananya, meski harus bersusah-susah dulu. Senang-senang kemudian.

Nah ingat tujuanmu ya, menabung untuk traveling. Jadi harus konsisten menyisihkan dana. Jangan bolong-bolong, sebulan nabung, sebulan tidak. Yang ada duit traveling bisa makin lama terkumpulnya.

Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Pakai Pinjaman KTA, Masalah Gak Ya?

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA