Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Simbol Tersembunyi dalam Desain Logo Terkenal

Kamis 19 Sep 2019 12:13 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari

Logo Fedex

Logo Fedex

Foto: Wikipedia
Desain logo sangat penting karena mewakili semangat dari produk atau perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap perusahaan memiliki simbol atau logo yang mencirikan kekhasannya, salah satunya FedEx. Coba perhatikan, logo FedEx menunjuk ke arah tertentu.

Dilansir dari CNN, pemanfaatan ruang negatif yang cerdas antara dua huruf terakhir FedEx itu telah memenangkan beberapa penghargaan logo dan menjadikannya salah satu yang paling efektif. Bahkan, guru desain, Stephen Bayley memasukkannya dalam daftar 20 desain yang mendefinisikan dunia modern. Bayley menyebutnya logo FedEx sebagai salah satu “kecelakaan” (ketidak sengajaan) paling bagus dalam sejarah desain grafis.

“Itu, sebenarnya, kecelakaan. Yang paling jauh dari pikiran kami adalah gagasan panah,” kata desainer logo FedEx pada 1994, Lindon Leader.

Dia mengatakan di tengah perdebatan internal terhadap eksplorasi logo, Leader memang tertarik dengan desain yang memiliki huruf berjarak sangat rapat. Pemimpin dan timnya di Landor Associates, perusahaan konsultan yang ditugaskan menciptakan kembali identitas merek FedEx telah mengembangkan lebih dari 400 versi logo, sebelum menyadari bahwa mereka menempatkan huruf kapital "E" dan huruf kecil "X" bersama-sama menciptakan simbol panah.

“Setelah beberapa hari, saya sadar bahwa jika panah asli dapat dimasukkan ke dalam bentuk huruf, itu secara halus dapat menyarankan mulai dari titik A ke titik B andal, dengan kecepatan dan ketepatan,” ujar dia.

Kekuatan panah, menurut Leader, hanya bonus tersembunyi dan tidak mengurangi dampak dari logo itu sendiri. Namun, ada berapa banyak orang yang benar-benar menyadari ada tanda panah itu? Leader pernah mendengar bahwa satu dari lima orang menemukan tanda panah tersembunyi tanpa pemberitahuan.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda berapa banyak orang yang mengatakan kepada saya, betapa menyenangkannya mereka bertanya kepada orang lain, jika mereka bisa lihat sesuatu di logo itu,” kata Leader.

Perusahaan yang sama yang mendesain logo FedEx menciptakan logo untuk perusahaan lain yang memanfaatkan ruang negatif dengan brilian, logo NorthWest Airlines digunakan dari 1989 hingga 2003 (Northwest bergabung dengan Delta pada 2008). Lingkaran dan panah menciptakan kompas yang menunjuk dengan tepat ke barat laut.

Seorang desainer tipografi dan dosen di London College of Communication, Paul McNeil mengatakan praktik menyembunyikan elemen adalah hal biasa bagi semua komunikasi visual, tidak hanya logo.

“Ini sama tuanya dengan praktik desain logo itu sendiri, tetapi mungkin mencapai puncaknya pada tahun 1970an, ketika analogi visual dan verbal yang dianggap cerdas menjadi penting bagi praktik desain grafis era gagasan besar,” ujar McNeil.

Prinsip ilusi optik yang digunakan dalam desain tersebut, menurut dia, didasarkan pada psikologi visi dan teori Gestalt, yang mengeksplorasi kemampuan otak untuk membuat seluruh bentuk dari garis, bentuk, dan kurva. Terkadang, elemen yang tersembunyi menyatu dengan sangat baik ke dalam desain logo yang hanya dapat dilihat jika ditunjukkan, seperti beruang yang disembunyikan di logo Toblerone.

Namun, apakah hal itu strategi yang efektif untuk desain logo? “Di satu sisi, ya, karena logo-logo ini berusaha mengidentifikasi produk atau layanan bermerek dengan cara yang sangat ekonomis dan langsung menggunakan humor untuk memunculkan respons positif,” kata McNeil.

Namun, dia melanjutkan, hari ini ada kecenderungan ke arah yang lebih jelas dan desain yang lebih langsung, seperti yang terlihat dari logo banyak perusahaan besar seperti Facebook dan Google. Logo favorit McNeil adalah desain Gianni Bortolotti untuk perusahaan Italia yang mati bernama ED - Elettro Domestici (peralatan listrik dalam bahasa Italia). Dengan hanya menggunakan huruf "ED" dan ruang negatif, logo itu dengan elegan membentuk bentuk colokan listrik. Kemudian, logo IBM Paul Rand juga sangat luar biasa, yakni ada pertukaran bentuk positif dan negatifnya sangat halus dan menggugah.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA