Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Tuty Adib Buat Koleksi Busana Ramah Lingkungan

Kamis 19 Sep 2019 11:44 WIB

Red: Nora Azizah

Koleksi busana Tuty Adib

Koleksi busana Tuty Adib

Foto: Republika/Prayogi
Tuty menggunakan pewarna alam hingga sepatu yang terbuat dari tanaman.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Desainer busana muslim asal Kota Solo, Tuty Adib, belum lama ini membawa 12 koleksi pada pergelaran New York Fashion Week (NYFW) 2019 di Amerika Serikat pekan lalu. Pada pergelaran tersebut, ia menampilkan koleksi busana yang mengangkat tenun Balai Panjang Sumatra Barat dengan tema 'Blossom Minang.

Baca Juga

Menariknya, pada koleksinya tersebut Tuty mengangkat konsep ramah lingkungan. Salah satunya ia wujudkan dengan menggunakan pewarna alami, seperti warna alam coklat, kuning, dan merah marun.

"Semua sudah mulai go green dan sustainable. Dengan merebaknya fenomena fast fashion menjadi catatan khusus bagi dunia fashion bahwa fashion ini berdampak pada sampah karena baju yang dipakai 1-2 kali dipakai sudah rusak. Kita harus membuat fashion yang lebih sustain sehingga harga jual juga bisa lebih tinggi," kata Tuty, Rabu (18/9).

Selain pakaian, ia juga melengkapi koleksinya dengan sepatu yang terbuat dari anyaman batang tanaman mansiang. Ia mengatakan sepatu tersebut terasa ringan saat dipakai karena tanpa menggunakan alas dari kayu.

"Di dalamnya terdiri dari spon gabus padat dilapisi batang mansiang," katanya.

Ia berharap melalui keikutsertaannya di New York Fashion Week tersebut tenun dan batik makin diapresiasi dunia internasional. "Kalau itu naik kan berdampak baik bagi pengrajin juga," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA