Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Hal yang Harus Dihindari Saat Perut Lapar

Rabu 18 Sep 2019 14:10 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah

Lapar (ILustrasi)

Lapar (ILustrasi)

Foto: Google
Perut lapar mempengaruhi suasana hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita bukan diri kita saat lapar, hal tersebut mungkin terdengar seperti iklan. Akan tetapi nyatanya, ketika perut sedang kosong memang bisa membuat suasana hati terpengaruh. Oleh karena itu sebagai pencegahan, ada beberapa hal yang perlu ditunda ketika perut berbunyi.

Menurut ahli gizi dan pencipta BetterThanDieting.com, Bonnie Taub-Dix, ada beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan jika belum ada asupan makanan.

Seperti dilansir livestrong pada Rabu (18/9), hal pertama yang tidak boleh dilakukan adalah membuat keputusan yang besar. Keadaan lapar yang membuat tidak sabaran dan impulsif cenderung merusak kemampuan untuk membuat keputusan yang sehat. Hal tersebut juga masuk dalam penelitian yang diterbitkan di Psychonomic Bulletin & Review edisi September 2019. Oleh karena itu hindari membuat keputusan penting sebelum makan.

Di urutan kedua, jangan sampai mengkonsumsi vitamin dalam keadaan perut kosong. Hal tersebut akan membuat rasa mual, karena beberapa vitamin bersifat asam.
Oleh karena itu, dengan makan sebelum mengkonsumsi vitamin bisa melindungi kita dari efek gastrointestinal yang tidak menyenangkan. Solusi lain untuk mengkonsumsi vitamin bisa dilakukan sebelum tidur. Sebab ketika perut sudah terisi bisa menghindari mual yang tak diinginkan.

Kemudian yang ketiga, belanja makanan juga termasuk apa yang jangan anda lakukan ketika perut kosong. Pasalnya, ketika perut kosong, anda tidak akan jernih membeli kebutuhan. Dengan demikian, sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan akan dibeli dan malah membuat boros. Apalagi jika anda kemudian membeli makanan yang tidak sehat.

Di urutan keempat anda dilarang minum koktail ketika perut kosong. Hal tersebut dikarenakan alkohol bisa membuat detak jantung terkesan lebih cepat dan kemudian membuat pusing hingga sakit jika diminum ketika lapar. Alkohol nyatanya juga akan membuat Anda semakin lapar.  Sebab, alkohol adalah stimulan bagi nafsu makan. 

Kelima, jangan makan makanan pedas ketika lapar menyerang. Beberapa mungkin bisa mentolerir makanan pedas, tetapi sebagian besar mungkin belum bisa. Sebab menurut Taub, makan makanan pedas ketika lapar bisa membuat panas dalam perut, karena tidak ada makanan penyangga yang bertindak sebagai penyangga. Oleh karena itu, jika ingin makan pedas, sebaiknya anda mengemil makanan atau minum segelas susu.
 
Hal tersebut juga berkaitan dengan syarat keenam, di mana jangan mengkonsumsi kopi terlebih dahulu jika belum ada makanan yang masuk. Pasalnya, kopi dapat merangsang perut untuk menghasilkan lebih banyak asam. Sama seperti sebelumnya, solusi untuk minum kopi pada pagi hari harus didahului dengan makanan ringan.

Di posisi terakhir, jangan sekali-kali melakukan latihan keras ketika perut kosong. Selain mudah lelah, tidak makan ketika berolahraga akan membuat sebagian orang pusing atau mual. Dalam prosesnya, makanan atau camilan sebelum berolahraga bisa memberi  energi dan daya tahan untuk mendorong latihan yang berat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA