Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Dave Asprey, Sosok 'Peramu' Kopi Mentega yang Mendunia

Rabu 18 Sep 2019 05:31 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah

Dave Asprey, Founder & CEO Bulletproof 360 Inc

Dave Asprey, Founder & CEO Bulletproof 360 Inc

Foto: Flickr
Bulletproof Coffee atau kopi mentega merupakan label yang didirikan Asprey.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- 'Bulletproof coffee' menjadi salah satu tren kopi terbaru yang memadukan minuman ini dengan mentega. Banyak orang yang mungkin sangat tertarik untuk mencoba sensasi rasa berbeda dari kopi jenis ini.

Dengan mentega yang dipadukan di dalamnya, kopi ini dapat memberikan energi dan merasa kenyang. Dilansir Cnet, Selasa (17/9), pada awalnya, bulletproof coffee adalah brand kopi yang dibuat oleh pengusaha asal Amerika, Dave Asprey.

Asprey mendapatkan inspirasi untuk membuat bulletproof coffee dari kebiasaan masyarakat Tibet yang gemar mencampurkan berbagai minuman dengan mentega yang terbuat dari susu yak. Asprey mendapat inspirasi untuk membuat bulletproof coffee dari warga Tibet saat hendak berkunjung ke Himalaya.

Baca Juga

Saat itu, ia sempat disuguhi minuman teh dengan paduan mentega yak. Sesampainya di Amerika, ia mencoba mengotak-atik resepnya, mengganti kopi dengan teh dan menambahkan minyak kelapa untuk perpaduan minuman ini. Ia merancang kopi ini untuk menjadi alternatif sarapan yang siap saji yang memberi tubuh Anda dosis lemak sehat dan nutrisi.

Asprey memperkenalkan konsep tersebut pada 2011 dan nama bulletproof coffee berasal dari lini produk kesehatan dan suplemen yang berasal dari perusahaannya. Namun, seiring popularitas kopi ini meningkat di kalangan penggemar olahraga dan pengadopsi awal lainnya, sekarang istilah ini berlaku untuk setiap kopi yang diramu dengan perbandingan yang kira-kira sama dengan resep asli yang digagas olehnya.

Perbanidngan ramuan kopi ini, yakni 8-12 ons kopi yang diseduh, dicampur dengan satu hingga dua sendok makan kelapa minyak (atau minyak MCT) dan satu hingga dua sendok makan mentega. Kopi bulletproof pada awalnya dirancang untuk melengkapi diet keto atau diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Selain itu, kopi bulletproof yang dikonsumsi di pagi hari dapat menjaga tubuh dalam ketosis, suatu kondisi di mana tubuh membakar lemak daripada glukosa. Hal ini yang menyebabkan minuman itu populer di kalangan orang-orang yang menjalani diet keto.

Walaupun standar untuk kopi bulletproof adalah mengandung minyak, mentega dan kopi, tetapi beberapa orang memilih untuk menambahkan beberapa jenis bumbu atau perasa lainnya, bahkan hingga supleme ke dalam campuran. Penambahan pada kopi antipeluru dapat termasuk bubuk protein kolagen, kunyit, bubuk cokelat, bubuk vanili dan kayu manis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA