Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Sisca Soewitomo: Sah Saja Masak Pakai Bumbu Instan, Asal...

Selasa 17 Sep 2019 13:58 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Pakar kuliner Sisca Soewitomo

Pakar kuliner Sisca Soewitomo

Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Sisca Soewitomo menganggap memasak dengan bumbu instan sah-sah saja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memliki waktu yang sangat singkat tak lantas menjadi alasan untuk tidak memasak. Pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo mencermati, mereka yang dihadapkan oleh keterbatasan waktu kerap memilih bumbu instan untuk memasak.

"Ya boleh-boleh saja, sah-sah saja pakai bumbu instan. Yang penting halal,” ungkap Sisca kepada wartawan di Jakarta Pusat, pekan lalu.

Menurut Sisca, dalam memasak memang sebaiknya menggunakan bumbu yang orisinal agar cita rasa khas tak hilang. Akan tetapi, bila memang tak banyak waktu untuk membuatnya sementara makanan harus tetap tersedia untuk keluarga, bumbu instan pun dapat digunakan untuk mempercepat proses memasak.

Dalam kesempatan itu, Sisca sempat mendemonstrasikan cara menyiapkan salad buah dengan dressing mayones yang dicampur dengan yoghurt. Keduanya pun merupakan bahan yang sederhana sebagai dressing untuk melengkapi salad buah.

Siska menyebut, jika memang hendak membuat dressing salad yang enak, maka pembuatannya pun harus sabar dan dicermati.

“Kalau bikin dressing yang enak, itu sebenarnya kamu harus belajar yang serius. Membuat mayones saja harus kocok telur, dikasih minyak, itu nanti emulsinya akan terbentuk. Itu susah,” ungkap Sisca.

Oleh sebab itu, Sisca menyarankan untuk membeli mayones yang telah jadi dan siap untuk dipakai. Mayones yang sudah jadi saat ini telah tersedia dimana-mana.

“Kalau beli sendiri nanti kamu nyucinya repot, bekas kuning telur, dan sebagainya. Beli mayones saja yang sudah jadi, ada madu, ada susu kental manis. Dipadukan saja kan sudah jadi enak,” jelas dia.

Hal itu juga bisa diterapkan kepada masakan lainnya, seperti tuna salad atau tuna sandwhich. Sisca menuturkan, bahan tuna bisa menggunakan tuna kaleng yang sudah matang atau yang biasa disebut cooked tuna in oil. Tuna tersebut dicampurkan dengan dua sendok makan mayones dan dua sendok teh madu.

"Jadi deh, enak. Masukkan saus tomat dan saus sambal sedikit. Udah enak. Bikinnya nggak perlu pagi. Bikin malam taruh lemari es. Besok pagi ambil,” ungkap dia.

Dalam demo masak tersebut, Sisca menyiapkan bahan-bahan berupa yoghurt, mayones, madu, garam, buah-buahan, nata de coco, dan keju. Sisca mencampurkan yoghurt dengan mayones dengan perbandingan 1:1.

Setelah yoghurt dan mayones tercampur, Sisca kemudian memasukkan potongan melon, apel, nanas, kiwi, jeruk bali, strawberi, dan anggur. Sisca pun menaburi salad dengan parutan keju dan salad buah segar pun siap untuk disajikan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA