Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Lima Kiat Hubungan Harmonis Suami Istri

Selasa 17 Sep 2019 10:49 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Suami istri/ilustrasi

Suami istri/ilustrasi

Foto: PxHere
Selalu jujur dan terbuka penting bagi hubungan suami istri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap pasangan suami isteri tentu ingin agar hubungan rumah tangganya selalu berjalan harmonis. Namun pada kenyataannya, masalah-masalah seringkali datang dan membumbui perjalanan rumah tangga.

Jika masalah itu tidak bisa diatasi oleh keduanya, bukan tidak mungkin hubungan pasangan suami isteri itu akan hambar.

Lalu bagaimana cara agar hubungan tetap harmonis? Berikut lima kiatnya seperti dilansir Female First.

Luangkan me time
Meski sudah berumah tangga, bukan berarti Anda tidak butuh “me time”. Waktu untuk diri sendiri alias me time tetap penting bagi setiap individu, karena ketika seseorang meluangkan me time, ia akan memiliki gairah untuk melakukan hal lainnya termasuk dalam hubungan.

Beri perhatian penuh kepada pasangan
Agar hubungan suami isteri tetap harmonis, biasakan memberi perhatian penuh kepada pasangan. Jadilah pendengar yang baik ketika dari salah satu dari kalian sedang ditimpa masalah, dan jangan lupa memberi saran dan solusi. Jaga kontak mata dan pastikan pasangan tahu Anda tengah mendengarkan mereka.

Tunggu suasana tenang, dan bicarakanlah
Ketika dihadapkan pada suatu masalah, usahakan tidak langsung marah atau adu mulut. Wajar merasa emosi, tetapi marah bukanlah solusi. Jadi alangkah baiknya, ketika mulai emosi Anda tenangkan diri dan tunggu sampai kemarahan mereda kemudian diskusikan permasalahan tersebut. Ingat, tidak ada gunanya melakukan dialog dengan pasangan saat Anda marah.

Selalu jujur dan terbuka
Salah satu kunci agar hubungan suami isteri tetap harmonis adalah saling jujur dan terbuka antar pasangan. Betapa tidak, kebohongan kecil yang awalnya tampak sepele pun dapat berbuah malapetaka. Maka itu, jangan sungkan untuk mengeluarkan segala unek-unek yang mengganjal kepada pasangan dan bicarakan itu dengan baik agar ada jalan keluar terbaik.

Selalu coba introspeksi diri
Jodohmu adalah cerminan dirimu. Ya, pepatah itu mungkin ada benarnya, jadi ketika ada masalah dalam hubungan rumah tangga cobalah berkaca diri terlebih dahulu sebelum menyalahkan pasangan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA