Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Takut Saat Melahirkan? Coba Jasa Doula, Yuk!

Selasa 17 Sep 2019 06:26 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah

Ibu baru melahirkan/ilustrasi

Ibu baru melahirkan/ilustrasi

Foto: frontpagemag.com
Doula merupakan tenaga profesional yang bisa mendampingi ibu saat melahirkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- doula merupakan tenaga profesional yang sudah tersertifikasi untuk mendampingi atau menemani perjalanan seorang ibu. Mulai dari sebelum kehamilan, selama kehamilan, hingga pasca persalinan.

Doula terdiri dari dua jenis, yakni doula kelahiran (birth doula) dan doula setelah kelahiran (postpartum doula). Penggagas Doula Sahabat Ibu, Diana Elsa Vonie menjelaskan apa yang dilakukan doula kelahiran untuk mempersiapkan mental ibu dalam menghadapi kelahiran.

Pertama, doula kelahiran mempersiapkan konseling untuk ibu. Mereka akan membuat ibu merasa nyaman dan menyampaikan pertanyaan ataupun masalah saat kehamilan. Sesi konseling ini seperti waktu untuk ibu hamil menyampaikan curahan hatinya.

Kedua, mengenai persiapan persalinan. Ada sesi di mana doula akan mengajak ibu membuat rencana persalinan dengan bentuk road map.

Diana mengungkapkan road map itu seperti perjalanan si ibu menuju persalinannya. Misalnya, ibu mau melakukan apa, mau bawa apa saja, ingin ditemani siapa saja saat persalinan, hingga ingin konsultasi ke dokter berapa kali.

“Dengan ibu siap, otomatis ibu akan jauh lebih nyaman. Itu dari segi mental,” ujar Diana pada Republika saat ditemui di acara grand opening Aleesha Mom & Kids Spa, Bekasi Jawa Barat, Ahad (15/9).

Doula juga membimbing ibu hamil agar tenang saat melahirkan. Salah satu teknik relaksasi yang dilakukan oleh Diana adalah hypnobirthing.

Teknik tersebut memadukan self hypnosis dengan proses kelahiran. Bagi Diana, hypnobirthing bukan berarti bebas dari rasa takut.

Rasa takut mungkin tetap ada, namun sang ibu diajarkan mampu mengelola rasa sakit saat persalinan. Contoh yang Diana praktekkan adalah bersenandung saat kontraksi datang dan tersenyum saat melahirkan.

“Ketika kita ketakutan, yang kencang bukan cuma otot badan, tetapi juga otot rahim. Dengan senyum saja, bibir atas terbuka, bibir bawah (vagina) ikut tebuka. (Saat relaks) leher atas terbuka, leher rahim bawah juga ikut mengendur, itu akan memberikan poin positif buat persalinan itu sendiri,” kata pemilik birth doula international certified ini.

Doula Sahabat Ibu kini berkolaborasi dengan Aleesha Mom & Kids Spa. Bertempat di Jl. Taman Aster Raya Blok N4/12A, Grand Galaxy City, Bekasi, layanan yang ditawarkan adalah prenatal hingga postnatal treatment.

Kedepannya, Doula Sahabat Ibu dan Aleesha Mom & Kids Spa akan aktif membuat kegiatan berbagi dengan para ibu. Sebab, baik ibu yang bekerja maupun ibu rumah tangga, sama-sama memiliki kesibukan dan tantangan tersendiri.

“Kegiatan sharing sangat penting agar ibu tidak merasa sendiri,” ujar Diana.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA