Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Google Doodle Tampilkan Almarhum Chrisye

Senin 16 Sep 2019 10:02 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Indira Rezkisari

Google Doodle Chrisye.

Google Doodle Chrisye.

Foto: ist
Google mengapresiasi Chrisye yang dipandang sebagai musisi legendaris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada yang menarik dengan doodle pada mesin pencari Google edisi Senin (16/9) hari ini. Di halaman utama mesin pencari Google akan muncul gambar seorang pria berkacamata dengan rambut sebahu sambil membawa gitar. Ya, pria itu adalah almarhum Chrisye.

Chrisye dilahirkan dengan nama Christian rahadi lalu berubah menjadi Chrismayan Rahadi ketika memeluk agama Islam. Chrisye lahir pada 16 September 1949 dan mengembuskan napas terakhir pada Jumat, 30 Maret 2007. Artinya, hari ini Google tengah mengenang hari kelahiran penyanyi dan pencipta lagu kenamaan ini.

Ia dilahirkan di Jakarta dari keluarga Tionghoa-Indonesia, Chrisye menjadi tertarik dengan musik saat masih muda. Ketika di SMA, Chrisye mulai main gitar bas dalam sebuah band yang ia bentuk bersama kakaknya, Joris. Pada akhir dasawarsa 1960-an, dia menjadi anggota band Sabda Nada yang kemudian berganti nama menjadi Gipsy.

Chrisye mulai dikenal khalayak luas ketika diminta menyanyikan lagu-lagu “Lilin-lilin Kecil” karya James F Sundah yang merupakan bagian dari 10 Finalis Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors tahun 1977. Popularitasnya pun kian mencuat tatkala ia menyanyikan lagu-lagu karya Eros Djarot dan Debby Nasution dalam album yang kemudian ditasbihkan sebagai mahakarya pop fenomenal "Badai Pasti Berlalu".  

Musisi yang juga dikenal dengan lagu “Pergilah Kasih” dan “Andai Aku Bisa” ini meninggal akibat kanker paru-paru. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 58 tahun dengan meninggalkan isteri dan empat orang anak yakni Rizkia Nurannissa, Risty Nurannissa, Rayinda Prashatya dan Randa Pramasha.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA