Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Cara Menyimpan Sambal Tetap Awet

Senin 16 Sep 2019 10:01 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Beragam sambal khas Indonesia

Beragam sambal khas Indonesia

Foto: Republika/Fakhtar Khairon Lubis
Bekukan sambal dalam ukuran kecil agar sambal awet hingga sebulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sambal merupakan pelengkap makanan yang sangat sulit dipisahkan dari lidah orang Indonesia. Menyimpan sambal tapi bisanya tidak bisa dilakukan hingga waktu yang cukup lama, sedangkan membuatnya membutuhkan sedikit usaha.

Untuk mengakalinya Chef Yuda Bustara berbagi trik. Sambal bisa lebih tahan lama dengan cara membekukannya. Cukup taruh di lemari pembeku, maka sambal bisa tahan hingga satu bulan lamanya.

"Saya buat saya taruh kecil-kecil di cetakan es, ini bisa sebulan. Kalau mau makan tinggal dipanaskan," kata Chef Yuda.

Cukup panaskan sambal dengan takaran kecil itu, maka sisa sambal lainnya akan tetap terjaga dan tersimpan tahan lama. Namun, Chef Yuda mengingatkan, setelah menghangatkan sambal kembali, maka harus langsung dihabiskan dan tidak disimpan ulang.

"Kalau  sudah meleleh tidak bisa dibekukan lagi ya, nanti teksturnya bisa hancur," ujar lulusan Taylor’s College dan Universite Le Mirail School of Hospitality & Tourism Malaysia.

Sedangkan sambal yang hanya ditaruh di lemari pendingin biasanya, menurut Chef Yuda, hanya akan bertahan satu minggu. Untuk itu, sebaiknya memanfaatkan bagian pembeku untuk membuat sambal tetap awet.

Cara tersebut bisa digunakan segala jenis sambal yang sering dibuat di rumah. Contoh saja sambal balado, sambal terasi, hingga sambal matah.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA